Antisipasi Peredaran Narkoba Dalam Lapas, Gabungan TNI-Polri dan Petugas Rutan Kelas II B Praya lakukan Razia

Lombok Tengah, Talikanews.com – Untuk antisipasi peredaran narkoba dan adanya senjata tajam masuk Lapas serta memberikan rasa aman bagi para penghuni Lapas. Gabungan TNI-Polri bersama Petugas Rutan razia barang bawaan milik para penghuni Lapas Kelas II B Praya.

Kepala Satuan Pengamanan Rutan Kelas II B Praya, I Nyoman Agus Sukarma Antara mengatakan kegiatan razia gabungan yang dilakukan Selasa malam ini merupakan tindak lanjut arahan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham RI).

Ada intruksi kepada semua Lapas untuk menggelar razia barang bawaan milik penghuni rutan demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuni, serta mencegah peredaran narkoba dalam lapas.

“Kami bersama Kodim 1620/Loteng dan Polres Loteng bersinergi melakukan razia barang bawaan milik penghuni lapas,” ungkapnya Selasa 6 April 2021.

Nyoman mengaku, razia ini diselenggarakan secara isendental. Tetapi bukan berarti pihaknya tidak penah menggelar razia sebelumnya, yang ada malah sering merazia barang bawaan milik para penghuni Rutan yang mana kegiatan itu dilakukan 2 kali dalam sebulan.

Tim gabungan menemukan sejumlah barang yang dilarang berada dalam rutan seperti HP, Pisau kecil, gunting, alat pencukur kumis dan sejumlah besi paku.

“Ditemukan 5 Buah HP dan barang barang itu langsung kita hancurkan, sedangkan untuk narkoba kita tidak temukan,” ujarnya

Nyoman menuturkan, Rutan Kelas II B Praya saat ini sudah over kapasitas, seharusnya menampung 97 orang penghuni, kenyataannya saat ini isinya sekitar 264 orang termasuk tahanan yang dititpkan di Polsek Kopang sebanyak 12 orang.

“Narapidana yang mendominasi yanki kasus narkoba sebanyak 50 orang,” ujarnya

KBO Sabara Polres Lombok Tengah IPDA Reza Ihyaulisnaini mengapresiasi kegaiatan razia barang milik napi pada malam ini. Pasalnya kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian kepada para penghuni lapas.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian kami kepada saudara saudara kita selaku penghuni lapas karena kegiatan ini manfaatnya sangat besar yakni dapat mencegah lebih dahulu sebelum terjadinya hal hal yang tidak kita inginkan,” ujar IPDA Reza

Sementara itu, perwakilan Kodim 1620/Loteng Pelda Widianto juga Danpos Ramil Praya Tengah mengatakan kegiatan itu merupakan kerjasama yang baik antara Kodim 1620/Loteng, Polres Loteng dan Petugas Rutan dalam menjaga kondusifitas penghuni Rutan.

“Ia tadi kita sudah menggeledah semua barang bawaan milik penghuni rutan secara satu persatu dan dari hasil penggeledahan tidak kita temukan barang terlarang seperti Narkoba yang ada hanya beberapa barang yang di larang di bawa kedalam kamar penghuni seperti HP, beberapa alas cukur dan sejumlah besi,” tutupnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button