Satpol PP dan Satlinmas Mendukung Pariwisata halal di NTB, Siap Jaga Keamanan

Mataram, Talikanews.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mendukung pariwisata halal di Nusa Tenggara Barat. Bahkan, siap menjaga keamanan.

Kesiapan itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, dalam rapat koordinasi kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas dalam mendukung pariwisata halal di NTB, di Wisma Tambora NTB, Senin 29 Maret 2021.

Sekda menjelaskan, sebagai salah satu daerah yang ditetapkan sebagai destinasi pariwisata super prioritas nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya menjalin sinergi dengan berbagai stakeholders untuk mewujudkan tujuh ikon pariwisata yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan penuh kenangan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perlunya sinergitas berbagai stakeholders, termasuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang telah mengambil porsi yang penting dalam memberikan rasa aman ditengah masyarakat.

“Satpol PP sudah mengambil porsi yang sangat penting, yaitu harus memberikan jaminan rasa aman, tentu tidak hanya tanggung jawab satpol PP dan Satlinmas tetapi adalah terus berkoordinasi dengan aparat keamanan lainnya agar bagaimana menciptakan rasa aman dapat terwujud,” ungkapnya.

Gita mengapresiasi kehadiran Satpol PP dan Satlinmas. Berbagai upaya yang telah dilakukan Satpol PP dan Satlinmas, tidak hanya menjaga keamanan tetapi juga menerapkan masyarakat agar patuh terhadap Perda Nomor 07 Tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular yang mengharuskan masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan covid-19.

“Terima kasih dan rasa bangga kepada teman – teman Satpol PP dan Satlinmas Kabupaten/Kota yang telah menjadi garda terdepan dalam suasana teror dan keterbatasan covid-19,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tri Budiprayitno, mengatakan, sejak ditetapkan Perda Nomor 07 Tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular, Satpol PP se-Kabupaten/Kota terus bergerak.

“Alhamdulillah, teman-teman dari Kabupaten/Kota setiap hari bergerak bagaimana menerapkan protokol covid-19. Sejak Bulan Maret terus menerapkan sosialisasi dan sebagainya,” tuturnya.

Tantangan yang dihadapi oleh Satpol PP lanjutnya, yakni keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM). Namun dengan semangat dan motivasi membuat seluruh Satpol PP dapat menjalankan tugas terbaik.

“Keterbatasan SDM ini, jika dapat menjalankan tugas dengan baik maka itu yang luar biasa,” ungkap Kasat Pol PP.

Untuk diketahui, sebanyak 138 peserta Satpol PP dan Satlinmas hadir dalam Rakor ini, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Satpol PP yang Ke -71 tahun dan Satlinmas yang ke-59 tahun. (TN-red)

Related Articles

Back to top button