Eks Pasar Paok Motong akan Jadi Kawasan Industri Hasil Tembakau dan Terminal Tipe B

Mataram, Talikanews.com – Eks Pasar Paok Motong, Kecamatan Masbagik Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, akan dijadikan lokasi pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) dan Terminal Tipe B untuk angkutan Antar Kabupaten Dalam Provinsi.

Kedua rencana pembangunan infrastruktur pada tahun ini dinilai sangat strategis untuk pengembangan ekonomi dan mendukung program unggulan industrialisasi oleh Pemerintah Provinsi NTB.

“Tinggal menyelesaikan administrasi aset karena anggarannya sudah ada untuk KIHT, prosesnya sedang dikerjakan bersama Pemkab Lotim,” ungkap Sekretaris Daerah, HL Gita Ariadi, Kamis 25 Februari 2021, di Kantor Gubernur.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Lotim, H Joko mendukung pembangunan ini, mengingat Lotim sebagai daerah penghasil tembakau terbesar penyumbang PAD dan lokasi penyeberangan Kayangan yang tepat berdampingan dengan Terminal tipe B.

Dia menjelaskan, rencana semula terminal akan dibangun di Pringgabaya. Namun, usulan agar dekat dengan pelabuhan Kayangan dapat dikembangkan menjadi pusat ekonomi terpadu dimasa mendatang. Begitupula dengan pembangunan KIHT yang dapat meningkatkan produksi 41 UKM tembakau Lotim.

“Rencana pembangunan KIHT ini akan dibangun di lahan eks Pasar Paok Motong yang dinilai berdampak baik untuk pendapatan daerah dan stabilitas pasar tembakau,” kata dia.

Sementara itu, Asisten II Setda NTB, Ridwan Syah menjelaskan, anggaran pembangunan itu direncanakan mencapai Rp 15 Miliar untuk KIHT, tinggal digunakan dan harus terbangun tahap pertama tahun 2021 ini.

“Jika telah sesuai aturan terkait lokasi terminal, disarankan harus sesuai dengan manajemen transportasi agar termanfaatkan dengan maksimal,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button