Warga Leneng Geruduk RSCM lantaran Saluran Limbah Bocor dan Berbau

Lombok Tengah, Talikanews.com – Puluhan warga Lingkungan Wakan dan Lingkungan Handayani Kelurahan Leneng Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah mendatangi Rumah Sakit Cahaya Medika (RSCM) untuk melayangkan protes lantaran saluran inti air limbah bocor dan menimbulkan bau tidak sedap.

Bocornya saluran limbah itu mengganggu kenyamanan masyarakat sehingga berdampak pada kesehatan sekitar area Rumah Sakit.

Salah seorang perwakilan warga, Iwan mempersoalkan limbah itu karena sudah lama layangkan protes. Namun sampai saat ini belum ada tindakan nyata dari pihak Rumah Sakit.

Menurutnya, limbah ini sangat berbahaya bagi lingkungan masyarakat yang terdampak, terlebih menimbulkan bau menyengat.

“Apakah pihak RSCM ingin melihat kami terus-terusan menderita dengan bau tidak sedap ini,” tegas Iwan saat mendatangi RSCM, Sabtu 6 Februari 2021.

Iwan meminta supaya pihak Rumah Sakit Cahaya Medika (RSCM) agar tidak membuang limbah sembarangan dan segera perbaiki saluran yang rusak, agar tidak terjadi pencemaran lingkungan di masyarakat.

“Kami minta pihak RSCM segera memperbaiki saluran pembuangan limbah itu agar lingkungan tidak tercemar,” ujarnya.

Iwan juga sempat mempertanyakan AMDAL RSCM. Hal itu dikarenakan, kalau AMDAL bagus, maka tidak akan terjadi hal serupa.

Humas RSCM, H Muhir akan segera menyampaikan tuntutan masyarakat itu kepada Direktur RSCM.

“Saya orang baru di RSCM, jadi belum tau betul, tapi permasalahan limbah yang menjadi tuntutan warga akan kami sampaikan kepada Direktur,” ujarnya.

Terpisah, Lurah Leneng Isnaini menyampaikan, akibat intensitas hujan tinggi membuat sistem limbah RSCM tidak normal. Tapi detailnya seperti apa pihaknya akan turun klarifikasi dengan pihak Rumah Sakit.

“Malam ini kami sedang koordinasikan dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup Loteng, Babinsa, Babinkantibmas dan Dikes. Insyaallah besok pagi kami bersama sama akan turun melihat keadaan seperti yang dikeluhkan masyarakat setempat,” tutupnya.

Untuk di ketahui warga sempat menuntup jalan masuk di halaman RSCM dengan batang pohon dan Bambu karena pihak Direktur rumah sakit belum ada yang datang menemuinya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button