Membantu Masyarakat Cegah Bencana Banjir, Gabungan TNI-Polri Bersihkan Saluran Air

Lombok Tengah, TalikaNews.com – Puluhan personel gabungan dari TNI-Polri, Forkopimca (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Janapria bersama masyarakat menggelar kerja bakti membersihkan saluran air sepanjang Jalan Raya Montong Gamang – Janapria tepatnya di Dusun Sadah Desa Janapria Kecamatan Janapria Lombok Tengah, Sabtu 6 Februari 2021.

Langkah itu dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir akibat sumbatan karena sudah banyak tumpukan tanah dan material di saluran air tersebut.

Pembersihan di jalan-jalan protokol sepanjang Jl. Raya Montong Gamang – Janapria itu juga dilakukan akibat tanaman liar dan rumput-rumput hampir menutupi badan jalan.

“Kami bersama Muspika akan terus mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, minimal tidak membuang sampah di sekitar saluran irigasi yang dapat mengganggu kelancaran aliran air,” terang Danramil 1620-05/Janapria Kapten Inf Suliono.

Selain itu, kegiatan ini wujud dari sinergitas TNI-Polri dan pemerintah bersama masyarakat dalam mengantisipasi banjir di musim hujan.

“Gotong-royong mempercepat penyelesaian pekerjaan. Sekaligus menjalin silaturahmi dan kekompakan,” katanya.

Ia menambahkan, kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Kerja bakti membersihkan lingkungan bagian dari menjaga dan antisipasi agar tidak terjadi banjir dan bencana lainya.

“Saya harap masyarakat desa mengembalikan semangat gotong-royong dan kerja bakti, karena itu budaya kita,” tutupnya. (TN-red)

Related Articles

Back to top button