Desa Gunung Malang Lombok Timur Tergenang 60 Cm, 70 Rumah Terendam

Lombok Timur, Talikanews.com – Intensitas hujan dan cuaca ekstrim yang terjadi sejak pukul 16.00 hingga 17.30 Wita, Jumat 5 Februari 2021. Membuat Desa Malang, Kecamatan Peringgabaya Lombok Timur banjir. Sebanyak 70 unit rumah warga terendam air sekitar 60 Cm.

“Penyebab terjadinya banjir luapan karena saluran irigasi pertanian yang sudah tidak dapat menampung debit air,” ungkap Kalak BPBD Lombok Timur, Toni Satryia Wibawa.

Dia menjelaskan, informasi kejadian banjir itu sekitar pukul 18.00 Wita. Atas dasar itu, tim TRC-PB BPBD yang sedang piket langsung menuju lokasi.

“Tidak ada korban dan luka-luka. Namun, sekitar 70 unit rumah warga tergenang 60 Cm, dan membuat Akses jalan terganggu,” kata dia.

Adapun upaya dilakukan tim, yakni cek lokasi dan asesment, kemudian berkoordinasi dengan pihak Desa dan masyarakat sekitar serta menjadi masukan yaitu normalisasi saluran drainase.

Dia mengimbau kepada masyarakat, memasuki puncak musim penghujan, supaya tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang dapat ditimbulkan seperti bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung serta dampak lainnya yaitu pohon tumbang dan sambaran petir. (TN-red)

Related Articles

Back to top button