PBNW akan Polisikan Wagub NTB, Bupati Lobar dan Panitia

Mataram, Talikanews.com – Pimpinan Besar Nahdatul Wathon akan polisikan Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, kemudian Bupati Lombok Barat, H Faozan Khalid dan Panitia pengukuhan pengurus NW se Lombok Barat.

Ketua Tim 20 PBNW sosialisasi kepengurusan NW, H Samsu Rizal menegaskan siap melaporkan Hj Sitti Rohmi Djalilah, H. Faozan Khalid dan Panitia pengukuhan pengurus NW di Lombok Barat.

Alasannya bahwa, berdasarkan SK Kemenkumham yang baru nomor AHU 0001269.AH.0108 tertanggal 30 November 2020 sudah jelas PBNW di pimpin Tuan Guru Bajang Muhammad Zainuddin Atsani resmi secara hukum.

Dimana keputusan itu juga tidak lepas dari Kementerian Hukum dan HAM menerbitkan SK terbaru untuk Perkumpulan Nahdlathul Wathan (NW) dan kepengurusan Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) hasil Muktamar XIV di Mataram 2019. SK bernomor AHU 0001269.AH.0108 diterbitkan mengacu pada putusan Mahkamah Agung dalam pemeriksaan Peninjauan Kembali Nomor: no 278 pk/pdt/2020, tertanggal 15 Mei 2020 yang mengakui dan memperkuat legitimasi NW Yg di pimpin Tuan Guru Bajang Muhammad Zainuddin Atsani.

“Kami keberatan atas sikap Wagub, Bupati Lobar, dan panitia yang telah melakukan pengukuhan pengurus NW, yang tidak punya legal standing,” ungkapnya, Rabu 3 Februari 2021.

Samsu Rizal mengaku tidak mau ribut dalam kondisi Covid-19, terlebih menganggu stabilitas keamanan. Sehingga menempuh jalur hukum. “Jangan sampai terjadi hukum rimba kalau ulah mereka dibiarkan melakukan pengukuhan organisasi yang tidak memiliki kekuatan hukum.

“Kok bisa ada pengukuhan pengurus NW di Lobar, sementara sudah ada pengurus NW Lobar yang ditetapkan sesuai aturan Kemenkumham,” tegasnya.

Samsu Rizal menambahkan, ada dugaan tindak pidana atas menggunakan lambang dan atau logo NW yang sudah ditetapkan secara hukum oleh pemerintah sesuai aturan. “Ini langkah haram, kenapa berani melantik pengurus baru. Padahal disana sudah ada kepengurusan NW yang diakui secara sah oleh hukum,” tegasnya.

Pelantikan dan Baitan Pengurus cabang NW Kabupaten Lombok Barat
Pelantikan dan Baitan Pengurus cabang NW Kabupaten Lombok Barat

Wakil Sekjen PBNW ini menegaskan, sampai terulang peristiwa tahun 1999 akibat egois oknum tertentu. Padahal, pasca SK Kemenkumham RI yang mengacu pada putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung RI terkait sengketa Organisasi Nahdlathul Wathan (NW), kini organisasi yang didirikan Pahlawan Nasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, fokus untuk kemaslahatan umat.

Selain ikut mendukung pembangunan daerah di Provinsi NTB terutama di bidang dakwah, pendidikan, ekonomi dan sosial kemasyarakatan juga membantu program Pemerintah Pusat untuk kesejahteraan masyarakat.

“Jelas Ketua Umum Pengurus Besar NW (PBNW), Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH Muhammad Zainuddin Atsani berharap seluruh jajaran dan jemaah NW untuk bersinergi dan solid dalam empat sektor perjuangan NW tersebut. Sekaligus tidak ada dualisme NW lagi, tapi kenapa masih buat acara pelantikan,” ujarnya.

Padahal organisasi NW ini milik bersama, punya ADRT dan aturan yang sahkan negara. “Mari sama-sama bangun NTB, jangan buat gaduh,” tutupnya.

Terkait rencana itu, Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah dikonfirmasi enggan menanggapi.

Lain halnya dengan Bupati Lombok Barat, H Faozan Khalid. Dirinya akan membantu siapapun selama dibutuhkan. “Kita itu, siapapun akan dibantu selama bisa, bahkan organisasi yang tidak punya akte seperti Front Mahasiswa Lobar, Forum Anak Lobar dan lainnya pun kita bantu,” kilahnya sembari mengatakan, orang resepsipun diberikan izin. (TN-red)

Related Articles

Back to top button