Cegah Penyebaran Covid-19, Polresta Mataram Gelar Rapid Antigen Massal di Epicentrum Mall

Mataram, Talikanews.com – Untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Polresta Mataram menggandeng Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Mataram, menggelar rapid antigen massal di Lombok Epicentrum Mall, Sabtu malam, 16 Januari 2021.

Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi menyampaikan, Rapid Antigen yang melibatkan Tim PSC RSUD Kota Mataram dilakukan secara acak terhadap pengunjung.

Sebanyak 30 alat rapid tes disiapkan pihak RSUD Kota Mataram, penggunaan diantaranya sebanyak 25 orang untuk pengunjung dan karyawan Lombok Epicentrum Mall. Lima diantaranya untuk anggota Kepolisian yang berminat rapid Antigen.

“Alhamdulillah kita bersyukur rapid antigen massal ini sukses kita laksanakan di pusat perbelanjaan. Ini bagian dari upaya kita menekan penyebaran Covid-19 di Kota Mataram,’’ ungkap Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi.

Terhadap hasil rapid Antigen lanjutnya, diserahkan sepenuhnya dan menjadi kewenangan tim medis. Jika hasilnya ada yang positif. Tim medis langsung menghubungi dan diminta segera melaksanakan swab tes di RSUD Kota Mataram terhadap bersangkutan.

‘’Kalau ada yang positif akan dihubungi untuk swab ulang di rumah sakit. Nanti rumah sakit yang putuskan apakah melaksanakan isolasi mandiri atau rawat inap,’’ kata dia.

Selain untuk menekan penyebaran Covid-19. Rapid Antigen acak di Lombok Epicentrum Mall itu bagian dari upaya mengedukasi masyarakat supaya tetap tertib dan mematuhi protokol kesehatan. ‘’Karena yang paling penting sekarang adalah tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita sekarang masih di masa pandemi yang belum berakhir,’’ujarnya.

Dia mengaku, kegiatan ini Rapid antigen di inisiasi Polresta Mataram disambut positif dan disetujui oleh Gugus Tugas Kota Mataram.

“Kita akan lakukan juga di perkantoran, pasar dan pusat perbelanjaan lainnya. Termasuk juga di tempat hiburan. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Mataram untuk pelaksanaannya,’’ tegasnya.

Direktur RSUD Kota Mataram, dr HL Herman Mahaputra sangat menyambut baik dan antusias dengan kegiatan rapid antigen yang di inisiasi Polresta Mataram tersebut. ‘’Kami siap mendukung dengan menyiapkan peralatan dan personel untuk rapid antigen ini. Dibeberapa lokasi lainnya masih akan dilaksanakan,’’ katanya.

Kabag Ops Polresta Mataram, Kompol Taufik menambahkan, kegiatan rapid antigen secara acak ini dilakukan dengan cara, semua personel menyebar diseluruh area pusat perbelanjaan itu. Tujuannya untuk mencari pelanggar protokol kesehatan seperti yang tidak menggunakan masker.

Terhadap yang tidak menggunakan masker, langsung di Rapid Antigen. Namun, belum ada ditemukan pelanggaran protokol kesehatan. ‘’ Tidak ada pelanggar protokol kesehatan yang kita dapati di sini,’’ tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button