Cegah Karhutla dan Penebangan Liar, Polsek Batulanteh Lakukan Patroli

Sumbawa, Talikanews.com – Untuk pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, juga penebangan kayu secara liar di kawasan Hutan Buin, Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Personel Polsek Batulanteh Polres Sumbawa bersama unsur TNI, KPH Batulanteh dan Sat Pol PP Kecamatan menggelar patroli gabungan di kawasan Hutan Buin Sekedit Desa Kelungkung Kecamatan Batulanteh.

Kapolsek Batulanteh Iptu Ida Ketut Santosa mengatakan maksud patroli gabungan tersebut sebagai upaya untuk mensinergikan para pihak dalam melakukan pemantauan langsung kawasan hutan guna mencegah terjadinya pembakaran lahan maupun pembalakan liar.

“Tujuan patroli gabungan pada Selasa 03 November 2020, pukul 09.30 wit tersebut dalam rangka penertiban penebangan kayu dalam kawasan hutan dan bersama-sama menjaga dan memelihara hutan untuk mencegah karhutla,” ungkapnya Rabu 4 November 2020.

Dia menjelaskan, selain berpatroli, petugas juga mengajakan masyarakat setempat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan serta segera melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan adanya indikasi penebangan liar.

“Kita sampaikan pada warga melalui patroli gabungan tersebut agar bersama – sama menjaga kelestarian hutan,” katanya.

Menurut Kapolsek, menjaga kelestarian hutan adalah tugas bersama. Peran semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan.

“Penting kita lakukan patroli hutan ini secara rutin, guna meminimalisir adanya pencurian kayu di hutan yang ada di wilayah kecamatan Batulanteh dan juga pembakaran lahan,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button