Gubernur NTB Sampaikan, Valentino Rossi tidak Akan Pensiun Sebelum Menjajal Sirkuit Mandalika

Mataram, Talikanews.com – Pembalap di kejuaraan Grandprix motor dunia setelah era Michael Doohan, dengan titel juara dunia di Empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier yakni Valentino Rossi tidak akan pensiun dari MotoGP sebelum menjajal Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal itu disampaikan Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah berdasarkan laporan dari ITDC. “Barusan dilaporkan oleh ITDC bahwa Valentino Rossi tidak akan pensiun sebelum menjajal sirkuit Mandalika,” ungkapnya dalam akun facebooknya, Senin 19 Oktober 2020.

Sapaan Dr Zul itu menyampaikan, persiapan infrastruktur MotoGP 2021 di Mandalika terus digenjot. Insya Allah akan siap digunakan untuk MotoGP bulan Oktober 2021.

Gubernur menegaskan, alasan Valentino Rossi tidak akan pensiun sebelum menjajal Sirkuit Mandalika karena menyadari bahwa pengagum dan penggemarnya banyak di Indonesia. “Pengagum dan penggemar Valentino Rossi banyak di negeri kita ini. Itulah alasan tidak akan pensiun sebelum mencoba Sirkuit kita,” kata dia.

Oleh sebab itu, kalau masih ada sedikit masalah lahan, mohon doa dan dukungannya mudahan segera akan selesai dengan baik.

Untuk diketahui pembalap dunia dengan nomor kendaraan 46, kelahiran 16 Februari 1979 di Urbino Italia dengan tim balap pabrikan Yamaha ini sangat penasaran akan Sirkuit Mandalika yang memiliki keistimewaan atau perbedaan street circuit dengan circuit street yang lainnya.

Melansir dari video singkat MGPA, jika venue lainnya merupakan jalanan biasa yang dibuat sebagai sirkuit seperti Formula 1 (F1) GP Monako, Singapura dan lainnya, namun Mandalika sebaliknya yakni sirkuit yang bisa digunakan untuk jalanan biasa.

Meski demikian sirkuit Mandalika tetap layak dipakai untuk balap motor, karena faktor safety yang menjadi prioritas telah terpenuhi karena ada area run off yang telah didesain sebelum sirkuit di bangun, bagaimana evacuation atau safety route untuk mengevakuasi jika adanya insiden maupun bencana.

Sirkuit Mandalika merupakan street circuit pertama di dunia, yang dihomologasi untuk kejuaraan MotoGP dan WSBK, serta merupakan kawasan wisata berintegritas yang sangat indah lengkap dengan pemandangan pantai pasir putih dan perbukitan.

Selain itu karakteristiknya sangat seimbang, karena mempunyai 17 tikungan dengan sembilan tikungan ke kiri dan delapan ke kanan, yang memberikan keuntungan karena tidak membuat ban habis di satu sisi saja.

Kemudian, ada tiga titik hard breaking yakni di Turn 1, 10 dan 16, selebihnya hanya sedikit engine brake dan lebih flowing (mengalir). Artinya akan lebih banyak aksi overtaking dan hiburan kepada para penonton.

Tak hanya itu, para pembalap tidak melulu mengandalkan top speed. Melainkan kombinasi dari top speed, suspensi, settingan motor dan kemampuan dari para rider. (TN-red)

Related Articles

Back to top button