Sosial

Istri Gubernur NTB Serahkan 5.650 Paket Gemarikan ke Ibu Hamil dan Anak Stunting

Lombok Timur, Talikanews.com – Istri Gubernur NTB, juga ketua TP PKK, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah serahkan 5.650 paket Gemarikan bagi Ibu hamil dan anak stunting di Kabupaten Lombok Timur.

Bantuan itu disalurkan karena, lebih dari tiga bulan, Negara Indonesia termasuk Provinsi NTB mengalami pandemi Covid-19 yang menimbulkan dampak pada berbagai aspek, baik ekonomi, sosial dan segala aktivitas masyarakat di luar rumah.

“Kami dari TP PKK berkomitmen mendukung serta membatu pemerintah dan masyarakat dengan program-program unggulan. Tugas tim ada dua hal, pertama sosialisasi edukasi tentang Covid ini dan penanggulangan dampak,” ungkapnya Kamis 25 Juni 2020.

Dia menjelaskan, paket Gemarikan ini diberikan kepada 16 Posyandu di Lombok Timur. Selain paket Gemarikan, Niken juga salurkan face shield, paket screen house dan paket Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP).

Tim Penggerak PKK, lanjut Bunda terus berusaha untuk terlibat aktif memberikan edukasi dan sosialiasai kepada masyarakat.

“Saat ini kita harus bekerja keras lagi untuk mempersiapkan NTB menuju tatanan hidup baru atau new normal. Masih persiapan, belum new normal karena memang kita belum memenuhi syarat untuk new normal. Untuk itu tentu saja kita tetap memberdayakan apa yang kita bisa,” terangnya.

TP PKK bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB mengelola ikan dan didistribusikan kepada masyarakat. Hal itu menjadi salah satu upaya dalam membantu masyarakat khususnya nelayan yang juga terkena dampak dari pandemi ini.

“Kami titipkan paket ikan ini kepada Ibu TP PKK di Kabupaten dan Kecamatan untuk anak-anak kita dari gizi ikan yang melimpah ini,” ujarnya.

Niken terus mendorong masyarakat untuk mengelola lahan atau perkarangan rumahnya. Untuk itu, TP PKK juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian, mengupayakan agar bisa dibagikan bibit- bibit tanaman, sehingga ibu-ibu dapat menanamnya di perkarangan. Bibit-bibit ini akan didistribusikan melalui posyandu-posyandu yang ada di NTB.

“Kita harapkan ada bantuan unggas atau ayam petelur untuk ibu-ibu yang memiliki anak yang kekurangan sumber pangan protein, dengan syarat agar mereka memelihara ayam itu agar bisa dikonsumsi telurnya setiap hari,” terang dia.

Niken menyampaikan penghargaan untuk TP PKK Kabupaten Lombok Timur, karena upaya gotong royong dalam penanganan pandemi ini sangat baik. Hal itu diharapkan mampu ditiru oleh TP-PKK Kabupaten/Kota lainnya.

Camat Sakra Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Subhan, berterima kasih kepada buk Niken berkenan hadir dalam giat tersebut. “Mudah kudah kehadiran di sini menjadi energi kami dalam membangun Kecamatan Sakra,” cetusnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Lombok Timur, Hj. Hartati menyampaikan paparannya terkait 10 program PKK yang akan mulai diaktifkan kembali. Adapun 10 program ini akan disandingkan juga dengan protokol Covid-19.

“Kami berkegiatan tidak melulu 10 program pokok kegiatan, tapi kami sandingkan dengan protokol Covid-19. Sehingga anak remaja dan pemuda membantu kita agar memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa kita masih harus tetap menjalankan protokol ini dan sambil membagi masker,” ujarnya.

“Kami sangat bangga sekali kepada Ibu Ketua PKK Provinsi, sangat besar bantuan serta perhatian kepada kami semua, kami sudah berkali kali mendapat bantuan dari ibu, dan ini yang ke empat kalinya,” tutupnya. (TN-hms)

Related Articles

Back to top button
Close