Sosial

Hari Ini akan Terjadi Fenomena Gerhana Matahari Cincin di NTB

Mataram, Talikanews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram merilis bahwa hari ini Minggu 21 Juni 2020, akan terjadi Gerhana Matahari Cincin di Nusa Tenggara Barat.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, menjelaskan, akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Cincin di indonesia yang teramati sebagai gerhana matahari sebagian, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Gerhana yang teramati dari Nusa Tenggara Barat berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,029 di Gerung hingga 0,068 di Bima,” ungkapnya.

Berdasarkan data visibilitas GMC 21 Juni 2020 di Nusa Tenggara Barat. Secara umum, gerhana di Nusa Tenggara Barat akan dimulai pada pukul 15.59 WITA, puncak gerhana terjadi pada pukul 16.26 WITA, dan gerhana akan berakhir pada pukul 16.47 WITA. Durasi gerhana yang teramati di Nusa Tenggara Barat rata-rata adalah 0,78 jam atau 46,8 menit.

Oleh karenanya, di imbau kepada masyarakat supaya tidak melihat gerhana Matahari secara langsung tanpa alat bantu. ” Untuk menyaksikan fenomena ini dapat melalui live streaming BMKG di www.bmkg.go.id/GMC di beberapa lokasi pengamatan,” tutupnya (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close