Jangan Panik, tingkat Kesembuhan virus Covid-19 di angka 97 persen

Mataram, Talikanews.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhadini Eka Dewi mengimbau kepada masyarakat supaya tidak panik, tetap jaga kebersihan dan kesehatan, terutama tetap waspada. Hal itu disampaikan karena, dalam jurnal ilmu kedokteran, tingkat kesembuhan bagi yang positif terpapar virus corona itu di angka 97 persen.

“Jika lebih awal ditemukan dan di obati, lebih besar kemungkinan sembuh,” ungkapnya Rabu (25/03).

Dia mencontohkan, terhadap 2 (dua) orang yang dinyatakan positif terpapar virus corona berdasarkan hasil laboratorium Litbangkes Jakarta. Saat ini, kondisi kedua korban atau pasien sudah semakin membaik. Artinya, virus itu bisa di obati dan tingkat kesembuhan lebih besar ketika merasa sakit, lebih cepat di obati.

“Insya Allah bisa membaik dan sembuh jika segera ditangani,” kata dia .

Intinya, yang perlu dilakukan oleh masyarakat saat ini tetap waspada, jangan panik, jaga kebersihan dan kesehatan, tetap lakukan social distancing , tingkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bergizi , dan olah raga.

“Lebih bagus cara menghindari virus itu yaitu tinggal di rumah saja,” ujarnya.

Sapaan dr Nekad itu menambahkan, angka kematian akibat virus corona itu rata-rata dunia sekitar 3,4 persen, sedangkan Indonesia sekarang di angka 8 persen, sisanya sehat.

Yang jelas lanjutnya, kalaupun sudah positif virus corona, bukan berarti tidak bisa disembuhkan, artinya bukan akhir dari segalanya.

Penanganan terhadap kedua pasien positif virus tersebut lanjutnya, petugas kesehatan sedang melakukan tracking kontak untuk mengetahui orang-orang yang pernah berhubungan dengan pasien dan selanjutnya dilakukan penanganan dan pemeriksaan.

“Lagi sekali, tetap tenang, hindari keramaian dan terus saling mengingatkan,” pungkasnya (TN-red).

Related Articles

Back to top button