NTB Siaga Darurat Virus Corona, Tiga Gili di Lombok Utara Ditutup

Mataram, Talikanews.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menetapkan status siaga bencana non alam demi antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

Akibatnya, akses untuk masuk ke Tiga Gili yakni, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air di Lombok Utara dan beberapa agenda event pariwisata juga MICE dibatalkan.

“Kita tutup sementara akses pintu masuk wisatawan di Tiga Gili di Kabupaten Lombok Utara selama 14 hari. Yaitu Gili Trawangan, Gili air dan Gili Meno. Termasuk sejumlah Gili yang dijadikan akses wisatawan luar negeri,” ungkap Gubernur NTB usai Rapat Pimpinan, Minggu (15/03).

Dia menyampaikan, rapat itu dihadiri para Bupati/Walikota se-NTB, termasuk anggota Forkopimda dan Kepala OPD tingkat Provinsi NTB.

Adapun keputusan rapat selain tutup akses sementara ke Tiga Gili, juga meliburkan seluruh siswa semua tingkatan selama 14 hari. Kecuali bagi siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional

“Pemerintah juga akan memperkuat dan memperketat pemeriksaan di Bandara dan Pelabuhan,” kata dia.

Sapaan Dr Zul itu menyampaikan, pemerintah daerah menyiapkan fasilitas seperti cairan disinfektan atau handsanitaiser, di setiap fasilitas umum, termasuk tempat ibadah.

Kemudian, menghimbau masyarakat untuk menghindari kegiatan di tempat keramaian. Selanjutnya, melarang seluruh pejabat dan ASN di lingkungan pemerintah provinsi NTB untuk melakukan perjalanan dinas keluar daerah dan luar negeri.

“Semua Kabupaten/Kota se-NTB sudah siap melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona itu,” pungkasnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button