Sosial

Air Bandang Lombok Timur Surut, Bupati Dirikan Dapur Umum Pengungsi

Mataram, Talikanews.com – Kantor SAR Mataram turunkan tim untuk memantau kondisi Banjir Bandang di Dusun Melempo Desa Obel-obel Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, pada Minggu 23 Februari 2020.

Hasil pantauan dan laporan tim pukul 20.30 wita, kondisi air sudah mulai surut sekitar 20 Cm.

“Tim kami tadi kroscek sekitar pukul 19.00 wita, genangan air sudah mulai surut. Kami belum tau persis di tempat mana dan pukul berapa ketinggian air itu mencapai 1 meter,” ungkap Humas Kantor SAR Mataram, I Gusti Lanang Wiswananda, Minggu (23/02).

Dia menyampaikan, sampai saat ini, tidak ada korban jiwa maupun luka disebabkan banjir bandang tersebut.

“Banjir itu akibat intensitas hujan cukup tinggi,” kata dia.

Gusti Lanang mengaku, sebanyak Empat orang tim dari Pos SAR Kayangan Lombok Timur yang memantau perkembangan. Informasi yang diserap tim di lapangan, air tersebut sempat meredam rumah warga hingga 1 meter. Hanya saja, ketika tim tiba di lokasi, genangan air sudah berkurang.

Disatu sisi, Bupati Lombok Timur, H Sukiman Azmy sudah mendirikan dapur umum untuk 81 Kepala Keluarga dengan 257 jiwa atau pengungsi di Mushalla Darul Qur’an Dusun Melempo Desa Obel-obel Kecamatan Sambelia.

Mulai Senin pagi, dirinya akan turunkan jajaran Pemkab Lotim untuk membersihkan rumah ibadah dan rumah Warga yang terkena banjir bandang tersebut.

“Kami juga akan renovasi 1 rumah rusak berat dan 3 rumah rusak ringan akibat banjir itu,” tuturnya.

Sukiman juga akan melakukan pengerukan alur sungai Melempo dan perbaiki pipa air minum yang hanyut untuk 3 Dusun. (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button