Wagub NTB Ajak Masyarakat Jadikan Korupsi sebagai Musuh Bersama

Lombok Barat, Talikanews.com – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah mengajak jajaran birokrasi, termasuk jajaran Kemenkumham Wilayah Nusa untuk terus mendorong dan memperluas terwujudnya area birokrasi bersih dan bebas korupsi juga wilayah birokrasi bersih dan melayani. Salah satu caranya dengan menjauhkan diri dari praktek-praktek tidak terpuji dan menjadikan Korupsi sebagai musuh bersama.

Sapaan Rohmi menegaskan bahwa untuk mewujudkan Zona integritas pada instansi pemerintah, hal mendasar yang sangat dibutuhkan adalah komitmen yakni komitmen seluruh ASN, untuk mentaati aturan dan disiplin serta loyalitas terhadap tugas dan pengabdiannya.

Dia mengingatkan bahwa peluang korupsi bukan hanya berpotensi dilakukan oleh orang yang memiliki kekuasaan saja. Melainkan juga berpeluang dilakukan pada tingkat birokrasi yang paling rendah sekalipun. Lebih memprihatinkan lagi, tindakan korupsi terkadang bisa terjadi pada suatu kelompok kerja.

“Jika sayang sama NTB, ayo bebaskan Daerah ini dari Korupsi,” ungkapnya diacara deklarasi janji kinerja tahun 2020 dan pencanangan pembangunan zona integritas wilayah bebas dari korupsi/ wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/ WBBM), di Aruna Hotel, Senggigi, Jumat (24/01).

Menurutnya, pemberantasan korupsi, tidak hanya membutuhkan upaya yang sungguh sungguh dan menuntut kredibiltas tinggi. Tetapi juga komitmen dan konsistensi semua pihak. Sehingga pencanangan zona integritas tidak sekedar simbol belaka. Namun sebaliknya momentum untuk mulai berbenah dan menjadikan korupsi sebagai musuh bersama dalam rangka menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

Senada disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi NTB, Andi Dahri Rafied. Tahun 2020 ini, pihaknya mendorong seluruh kepala satuan kerja tanpa terkecuali untuk melakukan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/ WBBM pada masing masing satuan kerja.

Karena itu, Andi mengingatkan betapa pentingnya keteladan. Sehingga semua kepala satuan kerja dimintanya, agar menempatkan diri sebagai role Model bagi jajarannya dan menunjukkan contoh baik bagi bawahan maupun masyarakat.

“Janji kinerja ini bukan hanya sekedar Janji, tapi harus dapat kita impelementasikan dalam kegiatan sehari hari,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button