Pasca Gempa, Data Penerima PKH di KLU Bertambah

Lombok Utara, Talikanews.com – Jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Lombok Utara bertambah menjadi 3000 kepala keluarga (KK) di tahun 2020 ini. Angka itu meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ini data yang di akomodir pasca gempa,” ungkap kepala Dinas Sosial Lombok Utara, H Faisol Mangku Alam, Rabu (15/01).

Faisol mengatakan, terkait jumlah masyarakat yang akan menerima program PKH harus ada di Basis Data Terpadu (BDT). BDT sendiri ini prosesnya melalui Musyawarah Desa (Musdes), menentukan siapa yang berhak menerima.

“Karena semua program sekarang berdasarkan BDT tadi,” kata dia.

Koordinator Kabupaten PKH di Dinsos Lombok Utara, Raden Zulkarnaen mengatakan tahun ini jumlah penerima PKH bertambah 3000 KK. Sehingga totalnya menjadi 23 ribu KK.

“Ini merujuk pada BDT. Dimana, BDT berdasarkan hasil Musdes. Jadi, indikatornya bukan dari Dinsos melainkan Desa. Jika di kemudian hari ada laporan salah sasaran, misal ternyata yang menerima PKH itu keluarga mampu, kami mendorong desa untuk Musdes, agar data menjadi lebih valid lagi,” ujar Raden yang diamini H Faisol.

Ia juga membeberkan beberapa penerima PKH pada tahun kemarin yang ternyata mampu, namun sudah diberhentikan menjadi penerima PKH.

“Penyerahan bantuan sendiri, sambung Raden diserahkan tiap triwulan,” pungkasnya. (TN-08)

Related Articles

Back to top button