Hukum & Kriminal

Satlantas Polres Loteng Kualahan Tertibkan Kendaraan Pickup dan Pelajar

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kepala Satuan Lalulintas Polres Loteng, AKP. Marully Rachmat Azwar SH. SIK mengaku kualahan tertibkan kendaraan bak terbuka (pickup) yang mengangkut orang.

Dimana, Pickup ini merupakan moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di Lombok Tengah. Padahal kalau dari segi keamanan, mobil bak terbuka sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang.

Marully mengaku, pelanggar lalulintas yang menggunaan moda trasnportasi jenis bak terbuka mengangkut orang cukup tinggi di Lombok Tengah. Kalaupun sudah di atur bahwa mobil bak terbuka bukan untuk mengangkut orang.

“PR yang paling berat saat ini adalah menyadarkan masyarakat supaya jangan menggunakan mobil bak terbuka karena bukan untuk mengangkut penumpang, melainkan barang,” ungkapnya, Rabu (27/11)

Oleh sebab itu, tak henti-hentinya memberikan pemahaman dan kesadaran bahkan sosialisasi kepada masyarakat dilapangan, akan bahaya menggunakan mobil bak terbuka tersebut.

“Kita sudah sosialisasikan, jika ditemukan maka saya tindak tegas dengan memberikan surat tilang bentuk peringatan terakhir supaya tidak lagi mengangkut orang menggunakan kendaraan bak terbuka,” kata dia.

Selain kendaraan pickup, Satlantas juga langsung tilang pengguna kendaraan bermotor roda 2 kalangan anak-anak di bawah umur dalam hal ini pelajar.

“Pelajar mendominasi tindak pelanggaran lalulintas di Lombok Tengah. Padahal jajarannya sering mensosialisasikan akan bahaya jika anak di bawah umur mengendari kendaraan,” ujarnya.

Marully menghimbau, jangan mengatakan sayang pada anak jika masih memberikan motor untuk sekolah, lebih baik anak di antar jemput karena itu lebih aman. (TN-03)

Related Articles

Back to top button