Hukum & Kriminal

Penasehat Hukum Gunawan Ancam Lapor Balik Kades Ungga

Lombok Tengah, Talikanews.com – Langkah Kepala Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Daya, Suasto Hadi Putro yang melaporkan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam hal ini Gunawan, berbuntut panjang.

Kini, Penasehat hukum Gunawan yang beranggotakan 10 orang tergabung dalam LBH PEKA NRB, ancam lapor balik Kepala Desa Ungga, terkait laporannya yang menduga Gunawan telah mencemarkan nama baiknya itu.

Apriadi Abdi Negara dan pengacara lainnya akan laporkan Kepala Desa Ungga, Suasto Hadi Putro atas pernyataan disalah satu media online dan cetak yang menyebut Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tidak beradab dan menghujat dengan kata-kata keras kepada Camat Praya Barat Daya Zainal Mustakim.

“Kami dari LBH PEKA NTB akan melaporkan balek Kades Ungga atas dugaan pasal 310 ayat 1 KUHP,” ungkapnya Rabu (27/11).

Apriadi mengaku saat ini mendampingi terlapor yakni Gunawan yang merupakan Ketua BPD Ungga selaku terlapor oleh Kades. Namun, baginya berdasarkan analisa hukum terhadap laporan Pelapor mengenai dugaan pencemaran nama baik oleh ketua BPD Ungga/terlapor itu tidak benar karena Ketua BPD menyanpaikan Indikasi atau dugaan atas fungsi pengawasan BPD kepada media Online dan menyampaikan hasil Musyawarah bersama Tokoh masyarakat , tokoh Agama , pemuda Desa setempat.

Kalau bicara pasal 310 ayat 1 KUHP sebagai acuan mengancam terlapor, bagi pengacara muda ini tidak terpenuhi unsur dengan sengaja, pencemaran nama baik, menyerang kehormatan dan fitnah.

“Itu tidak benar karena sama sekali dalam berita online tersebut tidak ada unsur pencemaran nama baik, menyerang kehormatan, fitnah dalam berita online adalah hak di lindungi undang-undang untuk menyampaikan hasil pengawasan BPD dilapangan,” kata dia.

Justru sebagai penasehat hukum Gunawan sudah persiapkan bahan untuk melaporkan balik Kades atas statemen di media yang mengata-ngatakan BPD kurang enak didengar dan dibaca publik. (TN-04)

Related Articles

Back to top button