Hukum & Kriminal

Kades Ungga Laporkan Warganya ke Polisi terkait Dugaan Ujaran Kebencian

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kepala Desa Ungga Kecamatan Praya Barat Daya, melaporkan salah satu warganya inisial GN alamat Dusun Iting Bengkel ke Polres Lombok Tengah, terkait dugaan ujaran kebencian atas pemberitaan di salah satu media online yang memuat konten provokasi, penghinaan dan atau pencemaran nama baik.

Kasat Resktim Polres Lombok Tengah AKP. Rafles P Girsang membenarkan ada laporan pengaduan yang masuk dari kepala desa atas dugaan konten pencemaran nama baik yang dimuat salah satu media online.

“Ia baru kemarin saya tanda tangani surat undangan pemeriksan terhadap pelapor dan terlapor,” ungkap Raflres, Selasa (26/11).

Rafles akan memanggil pihak-pihak yang diduga terlibat untuk dimintai keterangan mulai dari pelapor, terlapor dan bisa saja media bersangkutan yang memuat konten dugaan ujaran kebencian itu.

“Laporan ini kan baru masuk jadi nanti akan kita panggil pelapornya untuk dimintai keterangan baru ke pihak terlapor bila perlu media yang memberitakan,” kata dia.

Jika pada tahap pemeriksaan terbukti ada dugaan pencemaran nama baik maka tersangka akan di kenakan Pasal 310 ayat 1 KUHP, ancaman sembilan bulan penjara.

Menurutnya, dengan adanya kasus ini, bisa menjadi pelajaran bagi semua lapisan masyarakat agar berhati-hati dan tidak se-enaknya menyeberkan berita hoax atau ujaran kebencian di media sosial karena buktinya sudah jelas.

“Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat agar tidak mudah menyebarkan berita hoax atau ujaran kebencian,” tutup Rafles. (TN-03)

Related Articles

Back to top button