Masyarakat Lingkar TPA Regional Kebon Kongok Mulai di Serang ISPA

Mataram, Talikanews.com – Asap akibat kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional Kebon Kongok, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat mulai menyebar ke pemukiman penduduk dan menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhandini Eka Dewi menyampaikan, membenarkan ada masyarakat sekitar TPA terserang ISPA sesuai informasi diterimanya. Untuk mengantisipasi meluasnya dampak ISPA Dinas Kesehatan sudah menyalurkan 4.260 masker sejak kebakaran terjadi.

“Hingga saat ini laporan yang diterima dari tim yang ada di Kebon Kongok, sebanyak 20 orang warga dari 4 Dusun menderita ISPA ringan dilihat dari gejalanya hanya batuk dan sesak ringan dan secara langsung diberikan penanganan dengan memberikan obat,” ungkapnya Senin (21/10)

Eka mengaku, sampai saat ini belum ada laporan tentang masyarakat yang terbilang parah akbiat dari kebakaran tersebut. Dinas Kesehatan NTB menurunkan dua tim, yakni tim yang ada di lokasi kebakaran, serta tim lainnya turun langsung ke masyarakat untuk memeriksa kesehatan serta membagikan masker.

Menurut Eka, sekitar 17.414 jiwa yang beresiko terserang ISPA akibat asap api yang belum bisa dipadamkan. Jika tidak segera tertangani maka, tidak menutup kemungkinan jumlah masyarakat terserang akan bertambah.

“Kita tetap pantau dengan menurunkan tim,” tutupnya sembari menambahkan, hingga saat ini sebanyak 107 pekerja terdiri dari tim TPA dan petugas pemadam yang ditugaskan guna memadamkan api di sana,” pungkas Eka.(TN-04)

Related Articles

Back to top button