Gubernur NTB Tinjau TPA Regional Kebon Kongok yang Terbakar

Lombok Barat, Talikanews.com – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr Zulkieflimansyah bersama jajarannya langsung tinjau tumpukan sampah Kebon Kongok, Lombok Barat yang merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Kebon Kongok yang terbakar sejak pekan lalu.

Pada kesempatan itu, sapaan Dr Zul itu mengucapkan rasa rerima kasih kepada teman-teman yang begadang siang dan malam untuk memadamkan api yang terus menyala itu. Karena, dengan menyiramkan air saja, bagi Dr Zul, tidak akan bisa.

“Dengan air saja, nggak bisa ternyata. Perlu ditimbun tanah sehingga api dan bara bisa di padamkan,” ungkapnya Minggu (20/10).

Zul mengaku, atas kerja keras bersama, masalah kebakaran sampah di TPA itu tidak akan bisa teratasi.

“Insya Allah, dengan kerja keras bersama masalah ini akan segera bisa kita atasi,” katanya.

Gubernur pengganti TGB ini juga mengucapkan terima kasih Pemda Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat yang terus berkordinasi atas tugas yang tidak sederhana ini.

Untuk diketahui, akibat tumpukan sampah cukup tinggi dan tidak langsung diratakan dengan luas area yang terbakar mencapai 1,25 hektar. Dimana, sampah itu juga mengandung gas metan yang mudah terbakar membuat api mudah menjalar.

Tercatat sebanyak 5 desa terkena dampak kabut asap. Lima desa tersebut adalah Desa Suka Makmu dan Desa Taman Ayu di Kecamatan Gerung, dan Desa Kuranji, Desa Kuranji Dalang, Desa Perampuan, dan Desa Karang Bongkot di Kecamatan Labuapi. (TN-04)

Related Articles

Back to top button