Bahayakan Kesehatan, Warga Calabai Hadang Truk PT SMS

Dompu, Talikanews.com – Sejumlah warga Desa Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, melakukan aksi penghadangan terhadap 35 unit truk milik PT Sukses Mantap Sejatera (SMS) yang sedang melakukan aktivitas Bongkar Muat Batu Bara dan Molases di Pelabuhan Calabai Kecamatan Pekat Dompu.

Hal ini dilakukan karena, aktivitas truk tersebut selain mengganggu juga menimbulkan debu-debu berterbangan hingga membahayakan kesehatan para warga yang ada di sekitar lokasi dengan cara memarkirkan beberapa unit kendaraan roda dua di tengah jalan. Akibatnya, aktivitas truk milik PT. SMS sempat terhenti.

Salah seorang warga Desa Calabai, Sadam, saat dikonfirmasi mengatakan, kendaraan yang lalu lalang itu tidak pernah pelan. Padahal jalan yang dilalui oleh mereka adalah jalur masuk Pelabuhan.

”Akibat kendaraan ini jalan yang ada di depan rumah kami rusak. Selain laju tidak pelan, kendaraan ini pun mengakibatkan debu berterbangan masuk ke rumah kami,” ungkapnya.

Padahal pihak perusahaan PT. SMS seperti disampaikan oleh Chriss, sebelumnya pihak PT. SMS pernah berjanji akan menyiram terlebih dahulu jalan yang dilalui truk ini dua kali dalam sehari. Namun nyatanya kata Dia, mereka hanya menyiramnya satu kali saja.

”Perusahaan ini terkesan tidak konsisten dengan janjinya sendiri,” ujar dia.

Pencemaran udara melalui debu yang berterbangan akibat lalu lintas kendaraan itu sangat menggangu pernapasan dan kesehatan para warga terutama yang tinggal di lokasi sekitar wilayah pelabuhan.

”Kami hanya minta agar dilakukan penyiraman jalan secara rutin saja. Sebab tidak ada pihak-pihak yang harus siapkan dana sebagai kompensasi kesehatan bagi warga yang penaengaruh,” katanya.

Hingga berita ini publis, pihak PT SMS belum berhasil diwawancarai mengenai adanya reaksi dari para warga Desa Calabai Dompu. (TN-05)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button