Dampak Gempa, Disnakertrans Loteng Khawatir Kerawanan Sosial Meningkat

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pasca bencana gempa bumi yang melanda Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa bulan terakhir. Banyak meninggalkan dampak, baik korban meninggal dunia, luka dan hancurkan ribuan rumah.

Tapi paling utama, banyak masyarakat kehilangan mata pencarian atau lapangan pekerjaan, khususnya pada sektor pariwisata. Kini banyak karyawan di rumahkan akibat gempa itu. Hal itu terjadi pada para tenaga kerja di Lombok Tengah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah, H Masrun merasa khawatir kerawanan sosial akan terjadi. Bagaimana tidak, para korban gempa yang rumahnya luluh lantah terhimpit mata pencaharian.
Menurutnya ,bencana ini tentu memiliki imbas ke tenaga kerja, khususnya tenaga kerja lombok tengah yang kini banyak dirumahkan.

“Banyak tenaga kerja pariwisata kita yang dirumahkan karena tempat bekerja gulung tikar tutup” ungkapnya Jumat (14/9).

Dia menyampaikan, angka pengangguran saja sudah banyak, ditambah lagi banyak tenaga kerja yang dirumahkan, tentu menjadi kekahawatiran pemerintah daerah terhadap kerawanan sosial dikalangan masyarakat.

“Bagaimana tidak begitu, mata pencarian tidak ada, sangat mungkin kerawanan sosial akan terjadi dimasyarakat. Itu yang perlu diperhatikan, carikan solusi dan antisipasi terjadinya dampak sosial,” tutupnya. (TN-02)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button