Ini Cara Australia Bantu NTB Pasca Gempa

Mataram, Talikanews.com – Pemerintah Australia berjanji akan mendukung proses recovery NTB pasca diguncang gempa 7 SR beberapa waktu lalu. Caranya, mendukung pembangunan jalan melalui program prime. Kemudian, pemberdayaan perumpuan dan pendidikan seperti program inovasi.

Kepala bagian kerjasama pembangunan kedutaan besar Australia, Fleur Davies mengatakan, dirinya bersama tim ahli kebencanaan sengaja datang ke Lombok untuk melihat kondisi bangunan rusak termasuk bangunan mitra Australia yang ada di NTB, untuk dilakukan recovery.

Adapun laporan dari Kemendikbud mengenai mitra program inovasi. Dimana ada beberapa sekolah mitra yang dibangun pemerintah Australia rusak akibat gempa seperti di Lombok Utara.

“Ada kendala dalam bekerja pasca gempa, program sempat off. Jumlah sekolah mitra se-NTB sebanyak 130 sekolah. Dari data sementara 80 sekolah mitra sedang dikoordians dengan Kemendikbud, sebanyak 75 sekolah dijadikan sampel, data yang mengalami kerusakan sekitar 20 persen rusak berat. Tapi masih di assesman,” kata dia.

Yang jelas lanjutnya, ia datang ke Lombok mendukung proses recovery. Bahkan, sudah bertemu Gubernur terpilih, untuk menyampaikan beberapa anggaran program pembangunan yang pernah dilakukan Australia di NTB.

Dia mengaku, pemerintah Australia sudah menyalurkan dana kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar 500 ribu Dollar Australia. Ada juga kegiatan untuk ibu hamil dan bayi senilai 28 ribu Dollar Australia dalam bentuk paket family kit melalui Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) yang merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang memelopori gerakan Keluarga Berencana di Indonesi.

“Intinya kami sudah berupaya membantu pemerintah NTB dalam recovery. Terlebih sudah menjadi mitra baik dalam berbagai program seperti program prime dan inovasi, ” tuturnya.

Davies menambahkan, sebanyak 7 orang insinyur dari Australia didatangkan ke NTB untuk membantu Assesment bangunan yang rusak, untuk direkomendasikan apakah layak dipakai lagi atau tidak, bekerjasama dengan Dinas PUPR.

“Tim ini datang atas permintaan pemerintah daerah dalam hal ini, Wakil Gubernur, H Muh Amin, ” tutupnya. (TN-04)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button