Jaga Terumbu Karang, TNI Tenggelam Kapal di Gili Trawangan

Mataram, Talikanews.com – TNI AL menenggelamkan kerangka Kapal dan penanaman terumbu karang, di wilayah Gili Trawangan cara untuk menjaga kelestarian terumbu karang. Kegiatan tersebut rangkaian agenda Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-3, di  Lombok,  Minggu (06/05).

Penenggelaman kerangka kapal itu dipimpin Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E, M.M., melibatkan penduduk lokal, Dinas Penyelaman dan Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) TNI AL, Pramuka Saka Bahari, DKP KLU dan Komunitas Diving Daerah, serta delegasi 7 negara yaitu Amerika Serikat, UK, Korea Selatan, Malaysia, Srilangka, Prancis serta Cina.

Aspotmar Kasal Laksamana Muda TNI Edi Suipto, menyampaikan bahwa, kegiatan transplantasi terumbu karang dengan penenggelaman kerangka kapal dapat dijadikan wahana sebagai langkah untuk memulihkan dan melindungi kelestarian ekosistem laut di wilayah Gili Trawangan dan sekitarnya.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk turut serta memelihara dan menjaga terumbu karang yang akan kita tanam pada hari ini, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik, ” ungkapnya.

Prosesi Penenggelaman kerangka kapal dan penanaman terumbu karang ini, disaksikan secara langsung oleh  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, beserta para Kepala Staf Angkatan Laut, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, para ketua delegasi peserta MNEK 2018, secara langsung dari Restouran Langko di Kota Mataram melalui Siaran video live Streaming.

Pada kegiatan Penenggelaman Kerangka Kapal dan penanaman terumbu karang ini, juga dihadiri Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, S.H., M.H., Mrs. Marina Tayeb dan Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Angkatan Laut Brigadir Jenderal TNI Marinir Bambang Sutrisno. (TN-04)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button