ITDC Gelar Simulasi Pelatihan Mitigasi Bencana Di The Mandalika

ITDC Gelar Simulasi Pelatihan Mitigasi Bencana Di The Mandalika

Lombok Tengah, Talikanews.com – Untuk meminimalisir korban akibat bencana baik gempabumi dan tsunami di Kawasan Ekonomi Khusus The Mandalika, PT ITDC melakukan simulasi pelatihan mitigasi Bencana, hal ini dilakukan bersama seluruh pekerja baik karyawan, management kontruksi yang ada di areal kawasan proyek tersebut, Jumat (31/8).

Saat pelatihan, General Affair ITDC Mandalika Lombok, I Gusti Lanang Bratasuta, mengatakan, diadakannya pelatihan ini tidak lain hanya untuk memberikan pengetahuan kepada para pekerja dan semua karyawan yang ada di areal kawasan proyek The Mandalika dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.

“Harapannya, para pekerja mempunyai konsep manajemen kedaruratan, ketangguhan, dan kesigapsiagaan dalam situasi gawat darurat bila terjadi bencana alam gempabumi yang berpotensi tsunami saat sedang dalam kondisi bekerja,” terangnya.

Selain itu, Lanang Bratasuta menambahkan, setelah Standar Operation Prosedur (SOP) dengan standar tersebut ditetapkan, nantinya pihak ITDC Mandalika akan bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan seluruh stakeholder di the Mandalika untuk melakukan Pelatihan Tanggap Darurat. 

“Kami melihat kawasan pariwisata ini masih belum memiliki SOP yang mencakup mengenai kegiatan mitigasi bencana, dan pelatihan ini penting untuk mengukur durasi yang efektif bagi pegawai ITDC dan seluruh pekerja proyek The Mandalika untuk berkumpul di titik kumpul atau masterpoin utama melalui jalur evakuasi yang telah ditetapkan,” imbuhnya.

Diketahui, program simulasi ini merupakan agenda yang telah disusun tim Health, Safety, and Environment (HSE) ITDC sebagai bagian dari penerapan sistem K3L dan saat pelatihan tersebut bertepatan dengan terjadinya gempa yang berkekuatan 5,1 SR.(TN-00)

 

Related posts