Awal 2024, Taman Wisata Aik Bukak Lombok Tengah Dipadati Pengunjung, MCK jadi Keluhan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Destinasi wisata pemandian Aik Bukak, Desa Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah dipadati pengunjung awal tahun 2024.

Senin 1 Januari 2024, ribuan pengunjung menikmati seuasana sejuk dan keindahan alam di tempat tersebut. Terlebih taman wisata Aik Bukak dikenal sebagai destinasi tertua di Lombok Tengah, sehingga menambah daya tarik bagi wisatawan.

Salah seorang pengunjung, Asminah (45) asal Praya mengungkapkan kepuasannya. Karena pengelolaan taman wisata Aik Bukak telah terjadi perubahan yang signifikan. “Kalau dulu pengelolaannya masih semerawut. Tapi sekarang sudah bagus. Tinggal di tambah beberapa fasilitas permainannya, tempat duduk, MCK dan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Taman Aik Bukak, Rusdiono mengaku masih banyak yang perlu dibenahi. Termasuk penambahan MCK, Fasilitas outdoor atau tempat permainan, aula dan lainnya.

“Hanya saja jika dibandingkan dengan kondisi tahun-tahun sebelumnya, sekarang perubahannya di taman Aik Bukak sudah bagus, baik dari segi penataannya maupun kolamnya. Hal ini disebabkan dengan telah dilakukannya renovasi beberapa waktu lalu oleh Pemda Loteng,” kata Rusdiono ditengah-tengah keramaian pengunjung di pintu masuk wisata tersebut.

Adanya perubahan itu juga tambah Rusdiono, telah menyebabkan jumlah kunjungan ke taman wisata Aik Bukak meningkat signifikan. Bahkan pasca di bukanya kembali setelah dilakukan renovasi tiga minggu yang lalu jumlah pengunjung terus meningkat.

“Sebelum-belumnya jumlah pengunjung hanya mencapai 100 orang. Tidak hanya itu, sempat kami temukan hanya mencapai 10 pengunjung. Tapi semenjak dibuka pasca direnovasi jumlah pengunjung rata-rata mencapai 400 sampai 500 pengunjung setiap hari,” jelasnya.

Belum lagi saat ini dimomen libur tahun baru tegas Rusdiono, bisa disaksikan sendiri jumlah pengunjung sampai siang ini (Senin red) tembus dua ribu lebih pengunjung.

“Malah kami siapkan tiket untuk hari ini (Senin red) sebanyak lima ribu tiket, diantaranya untuk dewasa sebanyak 3.000 tiket dan untuk anak-anak 2.000 tiket,” ujarnya.

Selain telah terjadi peningkatan kunjungan wisatawan pasca di renovasi, pergerakan ekonomi UMKM atau masyarakat setempat cukup bagus. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pemda Loteng atas perhatiannya telah dilakukan renivasi, sehingga membuat taman wisata Aik Bukak kembali bangkit dan ramai pengunjung,” tuturnya.

Namun lanjut Rusdiono, walaupun jumlah pengunjung telah terjadi peningkatan yang luar biasa, ia tidak harus berbaga diri atau merasa puas. Pasalnya ia mempunyai masih banyak tugas dan pekerjaan yang harus dibereskan di taman wisata Aik Bukak ini. Terutama menyangkut pengelolaannya dan yang lebih penting lagi adalah soal penataan untuk kedepannya.

“Kami berharap Pemda Loteng terus melakukan penataan dan pembenahan di taman wisata Aik Bukak ini. Karena masih banyak yang perlu dan harus ditata lagi, seperti masih kekurangan MCK, penambahan kolam, tempat duduk, Fasilitas outdoor atau tempat permainan, aula dan lainnya,” harapnya.(TN05)

Related Articles

Back to top button