Saksikan Balap Mobil Porsche Sprint Challenge, Pj Gubernur NTB Kagum KEK Mandalika jadi Sport Tourism 

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, merupakan kawasan sport tourism. Hal itu dibuktikan telah digelar beberapa event balap Dunia seperti MotoGP, WSBK dan balap mobil Porsche Sprint Challenge sejak tanggal 8 s.d 10 Desember 2023 di Sirkuit Mandalika Lombok.

Hal ini diungkapkan Pj Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, saat menyaksikan langsung event Porche Sprint Challenge Indonesia Qualifying, bertempat di Sirkuit Mandalika Sabtu 9 Desember 2023.

“Kita optimis akan terus menyajikan atraksi-atraksi yang akan menambah minat kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah kita dan harus kita bersyukur KEK Mandalika merupakan kawasan sport tourism,” ungkapnya.

Menurut Pj Gubernur, event tersebut menjadi magnet baru setelah MotoGP, MXGP, sekarang ada Porshe Sprint Challenge Indonesia Qualifying Indonesia.

“Nanti akan ada event-event sejenis lainnya sehingga memperkuat posisi NTB sebagai sport tourism sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah daerah,” jelasnya.

Dalam upaya mendukung event Porsche Sprint Challenge Qualifying Indonesia ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan ITDC, MGPA, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, unsur TNI-Polri untuk memberikan dukungan bagi suksesnya event.

Disatu sisi, Direktur Operasi ITDC Troy Warokka menyatakan, ITDC sebagai pengelola kawasan The Mandalika dan pemilik Pertamina Mandalika International Circuit, mengapresiasi kerjasama yang dilakukan cucu usaha PT MGPA Nusantara Jaya. Kerja sama ini mencerminkan komitmen untuk mendukung event olahraga otomotif dan menghadirkan pengalaman luar biasa bagi para pecinta balap di Indonesia.

“Di ajang balap tadi, mobil yang menjadi bintang utama Porsche 911 GT3 Cup, tampil luar biasa,” katanya

Sementara itu, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengaku sangat puas terhadap sesi qualify resmi pada hari Jumat, 8 Desember 2023. Tim dari Rizqy Motor Sport yang menggunakan Porsche 911 GT3 Cup dengan susunan pembalap Rio SB, Daffa AB, dan Dikco Prasetyo, berhasil menunjukkan performa unggul mereka, sehingga dapat mencatatkan waktu terbaik dan menduduki posisi teratas.

“Kami berharap semangat para pembalap Porsche 911 GT3 Cup tetap terjaga untuk memberikan catatan waktu terbaiknya di balapan hari Sabtu dan Minggu,” ujarnya.

Priandhi menjelaskan, Pertamina Mandalika International Circuit menjadi tuan rumah untuk tiga putaran balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia musim 2023.

Jadwal putaran tersebut meliputi tanggal 8-10 Desember 2023, kemudian tanggal 12-14 Januari 2024, dan 26-28 Januari 2024. Setiap putaran balapan terdiri dari dua jenis perlombaan, yaitu Sprint Race dengan durasi 30 menit dan Endurance Race selama 45 menit. Sebanyak 10 mobil balap Porsche 911 GT3 Cup telah dipersiapkan untuk berlaga dalam musim perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Selain dari aksi balap mobil yang menarik, terdapat juga side event Pesta Seru Mandalika yang akan diadakan di area parkir Deluxe Class pada tanggal 9 Desember 2023.

“Event ini merupakan gabungan antara festival musik dan pameran UMKM yang akan mempersembahkan penampilan dari beberapa artis tanah air, di antaranya Band Radja, Gita KDI, Gili Vibes, dan Iris Circles,” tuturnya.

Tak hanya itu, bagi para pengunjung yang hadir di Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, dapat memenangkan merchandise eksklusif.

“Penonton dapat mengupload keseruan saat menonton Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023. Bagi pemenang beruntung berpeluang membawa pulang hadiah-hadiah menarik, termasuk 50 Oli Motor Pertamina Enduro, 15 Helm JPX, 50 Merchandise Mandalika GP Series, 30 Voucher Bensin Pertamina, dan 7 Baju Erigo,” ungkapnya. (TN07)

 

 

Related Articles

Back to top button