Luncurkan Gerakan Cinta Zakat, Bupati Loteng Minta Pengelola Transparan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Bupati Loteng, HL Pathul Bahri meluncurkan gerakan cinta zakat yang akan dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasioanal (BAZNAS). Namun dirinya meminta kepada pengelola supaya transparan dalam pengelolaan zakat tersebut.

Pathul menyampaikan, zakat itu merupakan hal yang wajib bagi warga yang memeluk agama islam, oleh sebab itu kegiatan tersebut nantinya akan di ikuti dengan regulasi yang ada sesuai perintah dari pusat yang harus dilaksanakan.

“Dana umat ini harus dikelola secara transparan agar seluruh masyarakat tahu sehingga yakin bahwa zakat infaq yang telah di salurkan benar-benar sampai kepada orang yang berhak menerimanya,” pintanya dihadapan perwakilan dari Kejaksaan Negeri, Perwakilan Kodim/1620 Loteng, Ketua Fraksi PKS H M Supli, Ketua Fraksi Golkar HL Kelan, Ketua Fraksi PPP H M Mayuki, Ketua Fraksi Gerindra H Muhdan Rum dan sejumlah OPD Lingkup Pemda Loteng, Senin 3 Mei 2021.

Dia menegaskan, dana umat yang dikelola oleh Baznas di rasa cukup besar. Sehingga diperlukan pengelolaan yang lebih profesional lagi, termasuk bagaimana mengelola kegiata hingga laporannya.

“Nanti kita minta laporan pertanggung jawabannya juga,” terang Bupati

Bupati, juga menyarankan agar semua kegiatan dipublikasikan secara masif baik di media cetak atau media elektornik dengan begitu masyarakat dapat mengetahui semua program dan kegiatan yang di adakan Baznas

“Ia nanti dana umat ini akan diaudit oleh Isnpektorat dengan begitu masyarakat makin mempercayakan infaqnya kepada Baznas, untuk itu harus di publikasikan semua kegitan yang ada,” imbuh Bupati

Sementara Plh. Ketua BAZNAS Lombok Tengah, Ustadz Makrif Abdul Madjid S.s M.Ag menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari peluncuran gerakan cinta zakat yang di lakukan Presiden di Istana Negara pada tanggal 15 April 2020 yang lalu yang mana gerakan cinta zakat dikandung maksud agar kita semua mencintai orang miskin, mengasihi kaum fakir dan cinta kepada semua orang yang berhak menerima zakat.

“Dengan di launchingnya gerakan cinta zakat oleh Bupati Lombok Tengah di harapan dapat di sambut baik oleh semua masyarakat Lombok Tengah,” ujar Ustadz Makrif Abdul Madjid.

Pentingnya zakat itu, tak semata-mata karena salah satu ibadah yang wajib dilakukan, namun bisa menyelesaikan berbagai permasalahan ummat.

“Ia contohnya dulu di zaman khalifah, banyak permasalahan yang dapat terselesaikan dengan zakat salah satu di antaranya masalah kemiskinan dan koruptor, oleh sebap itu zakat ini perlu terus ditingkatkan,” tutupnya. (TN-03*)

Related Articles

Back to top button