Sambut Event Internasional, Dispar NTB akan Siapkan Kawasan Zona Hijau

Mataram, Talikanews.com – Menyambut event internasional Superbike yang akan diselenggarakan tahun 2021. Dinas Pariwisata Provinsi NTB, akan menyiapkan beberapa kawasan destinasi juga desa wisata zona hijau.

“Kita benahi pariwisata di massa pandemi ini, langkah pertama identifikasi kawasan/desa wisata strategis yang siap sambut tamu, kemudian akan dipilih untuk dibuatkan standar ProKes ketat menuju zona hijau,” ungkap Kepala Dispar NTB, H Yusron Hadi, Kamis 29 April 2021, seusai silaturahim dengan para asosiasi kepariwisataan.

Yusron menegaskan, kawasan/desa wisata yang akan dijadikan destinasi zona hijau itu nanti, semua pelaku pariwisata yang ada disana sudah di vaksin, begitu halnya dengan masyarakat setempat dan memastikan dijamin penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan), kata lain CHSE.

Selain kawasan lanjutnya, pelabuhan dan bandara juga harus ready standar kesehatan, termasuk kendaraan transportasi harus dijamin CHSE.

“Banyak Kawasan hijau yang kita jadikan zona hijau dari Covid-19, misal Gili Trawangan di Lombok Utara, kemudian KEK Mandalika, dan bisa juga Pulau Moyo, namun harus tetap kedepankan ProKes,” kata dia.

Yusron tidak mau gegabah menentukan kawasan zona hijau itu, karena terlebih dahulu akan melakukan identifikasi lebih lanjut sebelum menentukan zona wisata hijau. (TN-red)

Related Articles

Back to top button