Civitas dan Akademika UNIZAR Salurkan Bantuan terhadap Korban Bencana Banjir Bima dan Gempa Jatim

Mataram, Talikanews.com – Civitas dan Akademika Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) Mataram, salurkan bantuan berupa Sembako dan Alat Tulis untuk korban bencana banjir bandang di Bima Nusa Tenggara Barat dan korban Gempabumi Malang Jawa Timur.

Bantuan itu bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan atas musibah yang menimpa masyarakat Bima NTB dan Malang Jawa Timur.

Rektor Universitas Islam Al-Azhar, Dr Ir Muh Ansyar, MP menyampaikan, hari ini Sabtu 17 April 2021, pihak Civitas dan Akademika menyumbangkan sedikit rejekinya untuk para korban banjir bandang Bima dan Gempabumi Malang, yang di inisiasi oleh BEM UNIZAR.

“Dana yang terkumpul dari Civitas dan Akademika UNIZAR, untuk korban banjir Bima dan Gempabumi Malang sebesar Rp 12 juta, dana kemudian kita beli sembako dan alat tulis yang dikirim untuk para korban bencana yang membutuhkan,” ungkapnya Sabtu 17 April 2021, seusai melepas keberangkatan pengiriman bantuan di Rektorat UNIZAR Mataram.

Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas Islam Al-Azhar, Ika Yuliana Susilawati, SH., MH, menjelaskan, kegiatan ini disebut Unizar tanggap bencana.

Hal itu dikatakan bahwa, bencana alam merupakan suatu fenomena alam yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung mengganggu kehidupan manusia.

Dalam hal ini, bencana alam dapat menyebabkan kerugian bagi manusia baik secara materi, non materi bahkan jiwa.

Mahasiswa sebagai insan akademis yang memiliki sense of crisis yaitu peka dan kritis terhadap masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya pun segera mengambil tindakan ketika melihat Bencana Banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Bima, yaitu Kecamatan Madapangga, Kecamatan Bolo, Kecamatan Woha dan Kecamatan Monta pada tanggal 3 April 2021.

Begitu halnya Bencana Gempabumi di Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada tanggal 10 April 2021 menimpa beberapa keluarga mahasiswa/i Universitas Islam Al-Azhar.

Atas dasar itu lanjut sapaan buk Ika ini, mahasiswa-mahasiswi BEM lingkup Universitas Islam Al-Azhar yang terdiri dari BEM Universitas, BEM Fakultas Hukum, BEM Fakultas Kedokteran, BEM Fakultas Ekonomi, BEM Fakultas MIPA, BEM Fakultas Pertanian, BEM Fakultas Teknik tergerak untuk melakukan penggalangan dana di lingkungan kampus Universitas Islam Al-Azhar serta mengajukan permohonan bantuan dana kepada Rektor untuk kemudian di salurkan kepada korban bencana banjir di Bima dan Gempabumi di Malang.

“Hari ini (Sabtu, red) Rektor beserta jajaran melepas keberangkatan perwakilan Mahasiswa ke Bima untuk menyalurkan bantuan kepada Korban Banjir,” kata dia.

Ika menyebutkan, berdasarkan hasil survey oleh Mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar yang berada di Bima, bahwa jenis sumbangan yang sangat dibutuhkan yaitu ATK, sehingga teman-teman Mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar membelanjakan hasil penggalangan dana dan sumbangan dari Universitas Islam Al-Azhar untuk membeli ATK berupa Buku Tulis, Buku Gambar, Polpen, Pensil, Penggaris, Rautan dan Penghapus.

Selain ATK, mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar juga membelikan Sembako berupa beras dan alat kebersihan badan berupa sabun mandi, shampoo, pasta gigi dan sikat gigi.

Untuk penyaluran bantuan, Tim Kemahasiswaan Universitas Islam Al-Azhar sudah terlebihdahulu bekerjasama dengan BAsarnas dan PMI Bima.

“Setibanya mahasiswa di terminal Bima, akan dijemput langsung oleh Tim PMI yang kemudian membantu mengarahkan mahasiwa untuk penyaluran bantuan kepada korban banjir Bima,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button