Mendadak Dandim Loteng Cek kelengkapan Kendaraan Anggotanya, Ada apa?

 

Lombok Tengah, Talikanews.com – Untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan Prajurit dan PNS TNI AD. Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor yang ditunggangi Anggotanya secara mendadak di Lapangan Apel Sederhana Makodim Jln Gajah Mada No 101 Praya Kabupaten Lombok Tengah.

Dandim sasaran kelengkapan fisik kendaraan bermotor beserta surat-surat atau dokumennya termasuk identitas pribadi.

Dandim mengungkapkan, pengecekan kendaraan bermotor ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan fisik dan surat-surat kendaraan, supaya lebih nyaman saat digunakan anggota.

’’Ini kita lakukan supaya semua anggota tidak melanggar lalui lintas dan memberikan rasa aman dalam berkendara,” ungkap Letkol Inf I Putu Tangkas, Senin 12 April 2021.

Di jelaskan kendaraan itu merupakan kendaran berupa sepeda motor yang di gunakan anggotanya dalam melaksanakan tugas sehari-hari, dengan mobilitas yang tinggi karena padatnya kegiatan seperti sosialisasi pencegahan Covid-19, Pilkada dan kegiatan lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terutama para Babinsa yang bertugas di Desa.

Sehingga kendaraan harus betul-betul terjaga dan di rawat. Oleh sebap itu selaku pimpinan di Kodim 1620/Loteng dirinya merasa mempunyai berkewajiban untuk mengetahui kondisi kendaraan anggota.

’’Wajib kita ketahui kelayakan dari kendaran semua anggota kami yang bertugas terlebih sebagai kendaraan para Anggota Babinsa. Apabila ada kekurangan kita akan bantu fasilitasi untuk melengkapinya,’’ tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Dandim juga meminta, agar anggota pemegang kendaran dinas yang surat-surat identitas pribadi dan surat kendaraan (STNK) yang masa berlakunya akan habis untuk segera melapor ke staf yang membidangi agar dibantu pengurusannya secara terkoordinir.

“Ia terkait dengan pajak dan surat kendaraan yang akan segera habis masa pajaknya untuk segera di laporkan, agar segera di lakukan perpanjang,” ujar Tangkas

Untuk di ketahui saat Dandim melakukan pengecekan pihaknya menemukan adanya Kartu Tanda Anggota (KTA) Prajurit yang belum update. Temuan itu membuat Dandim langsung meminta kepada Pejabat Personalia untuk segera menindaklanjuti dan koordinasi dengan Pasi Intel dan Pasilog.

Sedangkan kendaraan bermotor yang menjadi objek pemeriksaan terdiri sepeda motor dinas Yamaha Vixion, Trail KLX, Thunder dan sepeda motor para Babinsa. (TN-03)