Gubernur NTB Bahas Realisasi Smelter PT. AMNT, Ditargetkan Rampung 2023

Mataram, Talikanews.com – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, membahas realisasi pembangunan smelter PT PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) yang berlokasi di Teluk Benete dan Benete Selatan, Kabupaten Sumbawa Barat. Ditargetkan pembangunan smelter itu rampung tahun 2023.

Dihadapan Bupati KSB, para stakeholder, Gubernur Dr Zul menjelaskan, pemerintah Provinsi terus mendukung progres pembangunan smelter dan industri turunan dapat segera terealisasi.

Baik itu terkait dengan perijinan, perubahan alih fungsi pelabuhan dan sebagainya yang mendukung proyek smelter dan industri turunan PT. AMNT.

“Informasikan kepada kami apa yang harus dilakukan, sehingga betul-betul rencana dari mulai diambil oleh EPC kontraktor pada bulan juni atau juli 2021 tidak mundur lagi,” ungkapnya kepada PT. AMNT pada acara Evaluasi Progres Rencana Pembangunan Kawasan Industri Sumbawa Barat yakni Smelter dan Industri turunanya di Ruang Rapat Utama, Jumat 9 April 2021.

Untuk memastikan keseriusan pembangunan smelter, Dr Zul juga mengusulkan agar kawasan industri KSB mulai diinisiasi oleh Pemprov atau Pemda KSB. Dengan adanya inisiatif ini diharapkan nantinya PT AMNT dapat fokus memulai progres proyek smelter dan industri turunan.

“Kawasan industri misalnya, kita inisiasi dari Pemprov atau Pemda KSB, supaya memancing keseriusan dari PT AMNT untuk pembangunan smelter,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, juga mendorong PT. AMNT utuk dapat mengeksekusi pembangunan smelter dan industri turunan.

“Kami ingin bagaimana kita sama – sama wujudkan smelter dan industri turuanannya segera dilaksanakan. Apa yang menjadi urusan kewenangan kita betul – betul kita tuntaskan, sehingga tidak ada celah bagi perusahaan untuk menunda,” jelasnya.

Disatu sisi, Presiden Direktur dari PT AMNT, Rachmat Makkasau, menjelaskan, kondisi pandemi Covid – 19 mengharuskan tertundanya proyek pembangunan smelter yang seharusnya selasai pada tahun 2021 tetapi mengalami perubahan menjadi tahun 2023.

“Kondisi pandemi mempengaruhi penentuan harga, kami melakukan negosiasi dan sebagainya tidak bisa dilakukan, sehingga terjadinya kemunduran selama satu tahun dan kami melakukan penyesuaian,” ungkapnya.

Selain itu, smelter yang awalnya akan dibangun dengan kapasitas pengolahan sebesar 1,3 juta ton per tahun juga berubah menjadi 900 ribu ton per tahun.

“Sekitar 900 ribu ton pertahun sesuai dengan produksi Amman Mineral untuk jangka panjang. Sebelumnya kita buat 1,3 juta ton dengan harapan bisa mengimport konsentrat dari tempat lain,” tuturnya.

Rahmat pun mengaku bahwa perubahan rencana ini telah disetujui oleh Pemerintah Pusat pada tanggal 31 Maret 2021.

“Alhamdulillah, perubahan rencana sudah disetujui oleh pemerintah pada tanggal 31 Maret 2021 dengan berbagai macam usulan dan tawar menawar dari sisi perencanaan proyek,” pungkasnya. (TN-red)

Related Articles

Back to top button