Pemda Loteng Susun Roadmap Pendidikan bersama INOVASI dan Unram

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) akan menyusun roadmap (peta jalan) pendidikan sebagai pedoman dalam menyusun program dan anggaran pendukung pendidikan di daerah dengan menggandeng Inovasi yang merupakan program kemitraan Indonesia-Australia dalam bidang pendidikan, Universitas Mataram dan unsur pemerhati lainnya.

Pemetaan itu diharapkan agar pembangunan pendidikan di Loteng ke depan lebih terarah dan hasilnya bisa optimal.

“Kita ingin pembangunan pendidikan di Loteng lebih fokus dan terarah lagi, sehingga kami gandeng Unram dan inovasi,” ungkap Wakil Bupati Loteng, Dr HM Nursiah, Selasa 30 Maret 2021.

Mantan Sekda Loteng ini mengatakan, penyusunan roadmap pendidikan tersebut menjadi prioritas untuk dituntaskan. Bahkan masuk program 100 hari Bupati dan Wabup Loteng pasca dilantik.

“Dalam menyusun roadmap pendidikan kita harus bisa lebih cermat. Jangan hanya fokus pada hasil, tetapi juga pada proses. Pendidikan tidak hanya bicara soal hasil saja karena proses juga tidak kalah penting,” kata Nursiah.

Ia juga menekankan perlunya perbaikan mutu data pendidikan. Artinya, tidak hanya data ditingkat Kabupaten saja tetapi lebih dipertajam lagi hingga data pada satuan pendidikan di tingkat bawah.

“Sulit memang menyusun suatu roadmap pendidikan, jika tidak didukung dengan data satuan pendidikan yang akurat. Tetapi bagaimana pun juga, pendidikan ini kita nilai sangat penting untuk ditata,” ujar Nursiah

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Diskdik) Loteng, HM Nazili menambahkan, dalam menyusun roadmap pendidikan, sudah membentuk tim penyusun. Tim ini terdiri dari berbagai elemen pendidikan di dalam dinas, ditambah dukungan tim INOVASI, tim Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNRAM, praktisi pendidikan, dewan pendidikan serta unsur dari Kementerian Agama.

“Penyusunan roadmap pendidikan ini melibatkan berbagai unsur termasuk di dalamnya ada dewan pendidikan serta unsur dari Kementerian Agama,” tandasnya

Nazili menjelaskan roadmap pendidikan itu nantinya tidak hanya bicara tentang bagaimana mendorong peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Fokus utama adalah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya tenaga pendidik yang merupakan ujung tombak pendidikan yang berkualitas.

“Kita ingin pendidikan di Loteng bisa lebih maju lagi dan bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lain. Roadmap inilah yang nantinya sebagai pedomannnya,” pungkas Nazili yang juga menjabat Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Loteng.

District Coordinator INOVASI, Muhtar Ahmad menyampaikan komitmen untuk mendukung penuh Pemkab Loteng menyelesaikan penyusunan roadmap pendidikan secara teknis.

Dimana, INOVASI siap memfasilitasi proses yang menekankan solusi lokal untuk masalah lokal. Partisipasi dan kolaborasi semua pihak menjadi kunci pembuka kemajuan pendidikan bagi semua anak secara inklusif di Lombok Tengah.

“Kita siap memberikan dukungan secara teknis dan dukungan yang diberikan tidak setengah-setengah,” tutup Muhtar. (TN-03*)

Related Articles

Back to top button