Aklamasi Samsul Qomar sebagai Ketua KONI Loteng Tak Penuhi Syarat, Chandra dan Hatibi akan Musorkab Luar Biasa

Lombok Tengah, Talikanews.com – Keterpilihan M Samsul Qomar sebagai Ketua KONI Loteng dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) secara Aklamasidisalah satu hotel wilayah Desa Kuta Kecamatan Pujut, tak penuhi syarat yakni 2/3 dari jumlah Cabor yang memberikan hak suaranya.

Selain itu, Musorkab itu diwarnai walkout peserta rapat bentuk mosi tidak percaya 20 Cabor terhadap panitia karena diduga melaksanakannya kegiatan dengan cara curang.

Pasca acara, Lalu Chandra dan Khatibi Yahya yang juga ikut memperebutkan kursi Ketua KONI Loteng itu angkat bicara.

Di acara konferensi pers, Chandra dan Khatibi menolak keterpilihan M Samsul Qomar sebagai KONI Loteng secara aklamasi. Pasalnya, tidak memenuhi syarat yakni 2/3 dari jumlah Cabor yang memberikan hak suaranya.

“Dari 29 Cabang Olahraga (Cabor) yang memiliki hak pilih, hanya Sembilan cabor yang memilihnya. Sedangkan 20 Cabor lainnya terpaksa bersikap keluar dari ruangan Musyawarah lantaran mencium aroma kecurangan yang dilakukan oknum Panitia Musorkab. Sehingga kami pastikan langkah Aklamasi itu cacat secara hukum,” ungkapnya, Kamis 25 Maret 2021.

Dia menjelaskan, kesepakatan 20 Cabor, dalam waktu dekat akan menggelar Musorkab luar biasa paling lambat hari senin mendatang. Dimana kesepakatan ini di tandai dengan dibubuhkannya tandatangan bersama oleh 20 Cabor yang menolak hasil sidang Musorkab di Kuta.

Disampingi 20 Cabor, Chandra kembali membuka aroma kecurangan saat proses sidang Musorkab yang dilakukan panitia. Saat proses sidang, terjadi perubahan persyaratan calon kandidat.

“Perubahan Peraturan Organisasi (PO) tentang mekanisme calon kandidat ketua disampaikan oleh panitia pada sidang kedua, ini kan lucu dan janggal,” ungkap Lalu Candra.

Jika merujuk aturan yang ada, legalitas pelaksanaan Musorkab luar biasa nanti dibenarkan. Dimana aturannya menyatakan Musorkab luar biasa harus di ikuti oleh sebanyak 2/3 pemilik suara.

“Semua tindakan yang akan kami lakukan sudah sesuai dengan aturan dan tidak melanggar aturan sama sekali,” jelasnya.

Untuk suksesi Musorkab luar biasa nanti, pihaknya akan koordinasi ke Pemerintah Kabupaten Loteng dan pengurus KONI Provinsi NTB. Harapan tentunya pelaksanaan Musorkab luar biasa nanti mengedepankan dan menjunjung sportifitas.

“Musorkab luar biasa nanti, panitia tetap mengundang Sembilan Cabor yang ada dibarisan Samsul Qomar,” sambung Hatibi

Adapun 20 Cabor yang walkout saat itu yakni ISSI, Persani, Porki, PBVSI, Perserosi, Perpani, Muatai, Perkemi, Perlti, Pordasi, PRSI, ESI, Futsal, PSTI, Percasi, PSSI, Taekwondo, Perbasi, PBSI, IMI.

Sedangkan Sembilan Cabor yang mengikuti Musorkab sehingga Samsul Qomar terpilih yakni ASI, Pobsi, Gabsi, FPTI, IPSI, Perbakin, FASI, PSOI.(TN-03)

Related Articles

Back to top button