DPRD Loteng, Pertanyakan Pos Anggaran yang di Refocusing oleh Bupati hingga Rp 100 Miliar

Lombok Tengah, Talikanews.com – Adanya rencana refocusing Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) oleh Bupati Loteng, H L Pathul Bahri sebesar Rp 100 Miliar untuk menangani pandemi Covid-19 menjadi pertanyaan DPRD.

Ketua DPRD Loteng, M Tauhid mengatakan, rencana refocusing itu belum sampai ke Badan Anggaran (Banggar). Sehingga sangat disayangkan sikap Pemda yang belum memberitahukan Banggar terkait rencana recofusing DAK dan DAU itu.

“Info sih akan ada refocusing, tapi sepengetahuan saya, sampai detik kami belum mengetahui berapa nominal anggaran yang akan dipangkas itu,” ungkapnya, Kamis 18 Maret 2021.

Yang menjadi pertanyaan, selaku ketua Banggar di DPRD Loteng, belum menerima informasi pos anggaran mana saja yang akan di refocusing.

“Boleh saja refocusing, karena ada arahan pemerintah pusat untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Tapi, kami juga perlu tau pos mana saja,” kata dia.

Oleh sebab itu, pihaknya sangat berharap kepada pemerintah daerah dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk duduk bersama, berdiskusi mencari solusi memilah kegiatan atau program yang kurang prioritas atau program kegiatan yang bisa dilakukan penundaan pelaksanaan di tahun mendatang.

“Ini harus dibahas bersama antara eksekutif dan legislatif untuk mencari solusi,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri menegaskan, refocusing DAK dan DAU itu, untuk penanganan pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Kabupaten Lombok Tengah. (TN-03)

Related Articles

Back to top button