Pemkab Loteng akan Refocusing Rp 100 Miliar DAK dan DAU

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan Refocusing Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2021 untuk mengatasi persoalan pandemi Covid-19. Langkah itu diambil karena, masih adanya kasus covid-19 terdeteksi.

Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri mengatakan, saat ini penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah masih terjadi dan tebukti beberapa pasien covid-19 di rawat di RSUD Praya, bahkan ada yang isolasi mandiri di rumahnya.

Oleh sebah itu, Gubernur NTB menginstruksikan kepada semua daerah agar DAK dan DAU tahun 2021 di refocusing untuk pembiayaan penanganan pencegahan penularan Covid-19.

“Pemda kembali akan Refocusing
DAU dan DAK tahun ini untuk penanggulangan pendemi covid-19 seperti tahun lalu. Untuk tahun ini sekitar Rp 100 miliar DAK dan DAU di refocusing,” ungkapnya, Minggu 14 Maret 2021.

Pathul mengaku cukup berat tapi, tidak ada solusi lain, selain dari refocusing. Oleh sebab itu, dirinya berharap agar semua yang berkaitan dapat memahami dan mendukung kebijakan ini.

Politisi Partai Gerindra itu juga menceritakan pengalaman tahun 2020. Pemda telat melakukan refocusing anggaran untuk penangulangan pendemi covid-19 sehingga waktu itu kena denda.

“Tidak ada alasan lagi, kita sempat kena denda akibat tidak merefocusing,” tutup Pathul. (TN-03)

Related Articles

Back to top button