Kreasi dan Inovasi Dibutuhkan, Dispar Lombok Barat ajak Masyarakat Bersihkan Pure Lingsar

Lombok Barat, Talikanews.com – Kepariwisataan tidak hanya merujuk pafa atraksi wisata berupa objek wisata alam memiliki kelebihan yang diberikan sang Pencipta. Pariwisata juga dipresentasikan dalam atraksi budaya yang menjadi ciri khas suatu daerah.

Kreasi dan inovasi dari para pelaku pariwisata dan masyarakat kini menjadi sangat dibutuhkan sebagai dukungan untuk menarik dan memberikan kesan positif bagi para pengunjung. Satu hal lagi yang tidak boleh lepas dari kepariwisataan adalah kebersihan. Hal itu mendasari Dinas Pariwisata Lombok Barat mengajak masyarakat menjaga kelestarian dan kebersihan cagar budaya dan destinasi wisata.

“Wisata alam dan budaya di Lombok Barat tidak perlu dipertanyakan lagi, tinggal sekarang bagaimana kita mengembangkannya dengan inovasi, dan kreasi kita bersama. Salah satunya dengan mengedepankan kebersihan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Akhkam Mahfudz, di tengah-tengah kegiatan bersih-bersih tempat wisata di Taman Pura Lingsar, Jum’at 12 Maret 2021.

Akhkam mencontohkan, di Bali, ada Desa Panglipuran yang sebelumnya hanya sebuah desa adat yang dihuni penduduk setempat. Namun saat dikemas dengan mengedepankan kebersihan, kini bisa menjadi salah satu wisata andalan.

“Perubahan itu karena masyarakat sadar akan keberadaan cagar budaya, destinasi wisata yang ada,” kata dia.

Kegiatan bersih-bersih tempat wisata ini lanjut Akhkam, diharapkan mampu menjadi bentuk edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan. Seperti yang tertera dalam Sapta Pesona.

Terkait langkah itu, Kepala Desa Lingsar Sahyan, ikut turun dalam aksi bersih-bersih tersebut dan menyambut positif kegiatan reguler Dinas Pariwisata itu.

Selaku Pemerintah Desa Lingsar, ia berharap agar kegiatan semacam ini terus berlanjut untuk lebih meningkatkan kebersihan yang ada di objek wisata, khususnya yang ada di desa Lingsar.

“Jadi dengan kegiatan bersih-bersih yang kita lakukan pada hari ini, kami selaku pimpinan desa sangat bersyukur dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Lombok Barat. Tentunya untuk tindak lanjut kami meminta kepada semua pihak yang terkait dengan pariwisata, mari kita bersihkan tempat-tempat wisata untuk menyongsong kunjungan wisatawan yang akan datang,” ujarnya.

Walaupun terkendala hujan, aksi bersih-bersih itu dihadiri Camat Lingsar beserta jajaran, Kepada Desa Lingsar dengan perangkat desa dan masyarakat setempat.(TN-red).

Related Articles

Back to top button