Bantu Pemenuhan Air untuk Masyarakat Kopang, Kodim 1620/Loteng Sumbang Sumur Bor

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kodim 1620/Loteng sumbang masyarakat Kopang dengan Sumur Bor di Dusun Lombas Desa Dasan Baru.

Sumur Bor itu dihajatkan untuk mencukupi kebutuhan air bersih dan perkuat ketahanan pangan wilayah sebagai antisipasi musim kemarau akibat perubahan iklim yang tidak menentu,

Penyerahan Pompa Sumur Bor itu Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan kepada Kepala Desa Dasan Baru Moh. Zaenudin disaksikan Manager PLN Rayon Praya Samrun Haji, Para Danramil dan PA Sataf Kodim1620/Loteng, Kapolsek Kopang AKP Suherdi, UPT Pertanian Kopang, Lalu Muh. Saleh dan Poktan, Jumat 6 Maret 2021.

Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan mengatakan program bantuan sumur bor ini dilakukkan guna memudahkan air bisa masuk perumahan dan lahan pertanian warga untuk antisipasi dampak perubahan iklim yang terjadi pada musim kemarau.

“Ini kami lakukan karena sangat penting sebagai bentuk upaya menyikapi kondisi alam. Sebab Air ini merupakan kebutuhan yang hakiki, dimana ada air disana pasti akan ada kehidupan dan tanpa air kehidupan akan sulit,” terangnya.

Selain itu, program bantuan pompa sumur bor untuk irigasi ini adalah program yang dilakukannya dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan wilayah.

“Kegiatan ini bagian dari program Kodim sebagai satuan kewilayahan. Untuk meningkatkan kehidupan masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa sebelumnya proses penyerahan bantuan ini, pihaknya melakukan pengecekan di seluruh wilayah Lombok Tengah terhadap Lokasi Sumur Bor yang sudah belasan tahun tidak digunakan sehingga kemudian diputuskan memberi bantuan sumur bor tersebut.

“Ini bagian dari tugas TNI untuk mengatasi masalah masyarakat di wilayah. Dan saya perintahkan para Babinsa untuk cek lokasi Sumur Bor yang lain agar bisa kita bantu penggunaannya,” imbuhnya.

Sementara Kades Dasan Baru, Moh. Zaenudin mengucapkan terimakasih kepada Kodim 1620/Loteng yang telah memberi bantuan sumur bor itu. Sebab, di Desa Dasan Baru, ketika musim kemarau panjang terjadi pengurangan debit air irigasi, sehingga banyak area persawahan mengalami kekurangan air.

“Saya atas nama pemerintah Desa dan Masyarakat Dusun Lombas mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Dandim 1620/Loteng yang telah memberikan bantuan berupa sumur bor di desa ini,” ucapnya.

Manager PLN Rayon Praya Samrun Haji yang hadir mengatakan, Rayon PLN Praya Loteng akan selalu siap membantu program TNI khususnya dalam bidang ketahanan pangan, karena program yang sekarang digalakkan TNI khususnya Kodim 1620/Loteng sama seperti program yang dilakukan PLN.

‌”Program ini sama halnya ada di program PLN saat ini namun berbeda sebutan. Dan kami akan selalu bersinergi dengan Kodim membangun daerah Lombok Tengah,” tutupnya. (TN-red)

Related Articles

Back to top button