Muktamar ke-3 ICMI Muda se-Indonesia Berlangsung di Kuta Lombok, Ini Pesan Gubernur NTB

Lombok Tengah, Talikanews.com – Muktamar ke-3 Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda se-Indonesia berlangsung di Novotel Kuta Mandalika Lombok. Di ikuti secara offline maupun virtual oleh seluruh Pengurus Wilayah Provinsi dan Pengurus di Tingkat Kabupaten/Kota se Indonesia.

Muktamar yang mengusung tema “Membangun Sumber Saya Manusia dan Sinergitas untuk Kemandirian Organisasi Dalam Mewujudkan Kepemimpinan Umat” berjalan aman. “Kita berdoa supaya kegiatan berjalan lancar dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Muktamar, Dr. H. Tumpal Panggabean, Sabtu 27 Februari 2021.

Tumpal Panggabean menyampaikan poin penting dalam kegiatan itu yakni, ICMI Muda memilih Muktamar di Lombok Tengah, NTB karena ingin bersuara dari indonesia Tengah terkait bangsa dan apa yang bisa disinergi dengan Pemerintah bersama ICMI Muda kedepan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensukseskan Muktamat ICMI Muda. Indonesia tidak boleh diam di tengah pandemi, tapi harus bangun dan terus bergerak serta berbuat baik untuk bangsa,” ungkapnya depan tamu undangan dan peserta.

Disatu sisi, Ketua Umum Presidium Pusat ICMI Muda, Dr Ahmad Zakiyuddin, menjelaskan, ICMI telah terbentuk di 20 Provinsi dan 118 Kabupaten/Kota se indonesia.

Yang hadir secara offline hari ini adalah Sepuluh wilayah dan sisanya di ikuti secara online di meeting zoom. Hdir juga Majlis Istiqomah A. M. Iqbal Parewangi, sebagai narasumber utama dalam Muktamar ini.

Begitu juga sejumlah Pengurus Wilayah ICMU Muda NTB yakni Tauhid Rifa’i, dan jajarannya. Termasuk sejumlah tokoh nasional hadir secara virtual untuk mengisi seminar online.

Dia mengatakan, ICMI Muda merupakan pelangi dari beragam latar belakang Ormas maupun partai politik, ”Kami independen secara organisasi dan tidak ada dominan satu partai manapun,” kata dia.

Disamping itu juga, ICMI ingin melahirkan tokoh-tokoh muda dan melahirkan ide dan gagasan intelektual untuk kesejahteraan masyarakat.

Wakil Bupati Lombok Tengah, H M. Nursiah, mengatakan, isu Muktamar ini sangat menarik dan berharap dapat membantu nempercepat pengembangan KEK Mandalika, juga icon pariwisata di Lombok Tenga dengan dua wilayah yakni utara dan selatan.

“Wilayah Selatan potensi pantai dan wilayah Utara Potensi Alam yang baik karena berada di bawah kaki Gunung Rinjani,” tuturnya.

Nursiah berharap, ICMI Muda bisa menjadi bagain dari pendorong percepatan pembangunan Mandalika Lombok Tengah.

Gubernur NTB yang diwakili Kadis Dikbud, Dr H Aidy Furqan, menegaskan, Muktamar ICMI sekaligus dialog kebangsaan, berema “peran strategis cendikia muda dalam pembangunan daerah”. momen muktamar yang salah satunya di hajatkan menjadi forum untuk konsolidasi bagi ICMI muda ini. Kiranya menjadi sangat penting dalam memperkuat interaksi kegiatan antar generasi muda islam di seluruh indonesia, dari berbagai latar belakang ormas islam yang berbeda-beda.

Gubernur teringat kutipan dari pidato bapak proklamator Soekarno, beliau berkata, “beri aku 1000 orang tua niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia “.

Tentu slogan tersebut memiliki makna yang sangat kontekstual bagi ICMI Muda. Dimana, proses perkembangan organisasi ini diharapkan dapat menyadur semangat bapak proklamator kita dalam menempatkan kaum muda sebagai agen terdepan bagi pembangunan, lewat tangan para cendikia.

“Ketika kita berbicara tentang majunya suatu negara, tentu ada hal hal besar yang ada dibelakangnya. Salah satu hal besar itu adalah generasi muda kreatif, yang mampu menciptakan peluang untuk maju,” tegasnya.

Hadirnya organisasi nasional seperti ICMI Muda, lanjut Gubernur, diharapkan mampu menjadi wadah bagi bibit unggul bangsa, yang diharapkan menjadi aktor penting dalam pembangunan di daerahnya masing masing.

“Saya menaruh harapan kepada ICMI muda, untuk mampu memberikan sumbangsih dan peran nyatanya. Kemudian mampu berpartisipasi secara langsung dalam pembangunan daerah, khususnya bagi kemaslahatan ummat,” cetusnya.

Gubernur juga mengucapkan selamat bermuktamar, semoga dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga apa yang di hajatkan untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran konstruktif bagi pembangunan daerah dan negara ini kedepan, dapat tercapai dengan baik. (TN-red)

Related Articles

Back to top button