Dinas LH Loteng Belum Meneliti Polusi Udara Pabrik Tembakau, Amir Ali : Tak Menemukan Bau Menyengat

Lombok Tengah, Talikanews.com – Hingga saat ini, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Lombok Tengah, belum meneliti udara yang ditimbulkan atas keberadaan gudang tembakau milik H M Suwardi di Dusun Eyat Nyiur, Desa Wajageseng, Kecamatan Kopang.

Namun, hasil investigasi yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup bersama salah seorang anggota DPRD, Polisi, Kejaksaan dan Satpol PP, pada bulan September 2020, tidak menemukan bau yang menyengat.

“Kalau secara ilmiah, kami belum menemukan bukti adanya bau menyengat ditimbulkan keberadaan gudang peracikan tembakau itu,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah Muhammad Amir Ali.

Sapaan Amir Ali mengatakan, sakit nafas yang di derita beberapa warga lingkar gudang tembakau miliki UD Mawar Putra itu bukan karena polusi udara. Melainkan penyakit sesak nafas bawaan.

“Kalau itu kan bisa saja karena ada penyakit bawaan. Bukan disebabkan oleh pencemaran udara keberadaan gudang peracik tembakau,” kata dia.

Dirinya mengaku, belum menemukan adanya pencemaran lingkungan karena, gudang tembakau yang dimaksud merupakan tempat packing saja sebelum dikirim ke pengecer. Bukan lokasi memproduksi atau mengolah.

“Kalau bicara tempat packing (pengemasan), berarti tidak ada limbah,” kilahnya. (TN-red)

Related Articles

Back to top button