Pengerjaan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Capai 58 persen, ITDC Optimis Tuntas bulan Juli

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pengerjaan Sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) terus dikebut. Saat ini, baru mencapai 58 persen sehingga, PT ITDC optimis proyek Sirkuit itu tuntas pada bulan Juli mendatang.

Head Operation The Mandalika ITDC, I Made Pari Wijaya, menyampaikan, kalau dilihat dari pembentukan badan jalan sudah mencapai 100 persen. Sehingga bisa dipastikan, pengerjaan proyek Sirkuit MotoGP Mandalika mencapai 58 persen.

“Titik start sudah selesai, termasuk persiapan drainase ketika musim hujan serapan air bagus, sehingga tidak membuat lintasan tergenang air,” ungkapnya, Rabu 17 Februari 2021 di Kantornya.

Yang jelas, pengerjaan lintasan Sirkuit Mandalika dengan panjang 5,31 kilometer dan memiliki 17 tikungan ini tinggal proses pengaspalan saja. “Mudahan kondisi cuaca mendukung, insya Allah selesai bulan Juli dengan target Oktober bisa siap dilintasi,” kata dia.

I Made Pari Wijaya tidak menampik ada beberapa kendala di lapangan masih dituntaskan yakni lahan. “Penlok 1 sudah tidak ada masalah, tinggal Penlok 2 yang baru mulai proses penyelesaian,” ujarnya.

Sapaan Pari ini mengaku, pengerjaan 58 persen ini bisa terlaksana tidak lepas dari dukungan material cukup membantu di daerah.

Terutama, dukungan komponen Pemerintah dari Pusat hingga Daerah sehingga berlangsungnya percepatan pembangunan Destinasi Super Prioritas (DSP). “Contoh, keberadaan KEK Mandalika berdampak positif terhadap daerah setempat, misal jalan bypass BIL – Kute bisa di bangun karena sinergitas pemerintah daerah dengan kementerian di Pusat,” ujarnya.

Untuk diketahui, PT ITDC terus gencar mewujudkan progres pembangunan infrastruktur dasar di dalam kawasan The Mandalika, yang dikembangkan di area seluas 1.175 Ha dengan status lahan clean and clear.

Salah satu progres pekerjaan yang terus berjalan adalah pembangunan infrastruktur jalan pada zona timur yang menghubungkan jalan provinsi dari area Sunggung menuju Pantai Gerupuk dan Tanjung Aan yang berada di sisi timur kawasan The Mandalika.

Proyek yang termasuk dalam paket pembiayaan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui skema National Interest Account (NIA) ini, berupa pengaspalan 2 jalur jalan, lebar masing-masing 8 meter dengan Right of way (ROW) sebesar 90 meter untuk total jalan sepanjang 2 km.

Saat ini tengah dilakukan pengaspalan pada satu sisi dan akan dilengkapi dengan bangunan pelengkap berupa pembatas jalan dengan kansteen, saluran terbuka (drainase swale) serta area landscape.

Dalam jangka panjang, jalan akses ini akan dilengkapi penerangan jalan umum (PJU), Pedestrian, dan landscape. Ruas jalan utama pada ruas timur The Mandalika ini nantinya akan terhubung dengan jalan bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Mandalika sepanjang 17 Km yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR. (TN-red)

Related Articles

Back to top button