Kemendagri Belum Respon Nomor Induk 15 Desa yang Mekar di Loteng, Ini Penyebabnya

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum merespon nomor induk terhadap 15 Desa yang diusulkan pemekaran di Lombok Tengah, lantaran belum tuntasnya urusan peta desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Loteng, M Jalaludin menyampaikan, tahun 2019 pihaknya telah mengajukan 15 desa persiapan sebagai desa definitif ke Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri) namun sampai saat ini 15 desa itu belum keluar Nomor Induk desa.

“Ini kendala peta desa yang kami ajukan belum diterima Kemendagri,” ungkapnya, Kamis 11 Februari 2021

Akibat itu semua, pihaknya akan mengupayakan pemetaan batas desa itu segera terselesaikan. Dengan demikian, 15 desa persiapan yang pernah diajukan itu dapat menjadi desa definitif.

“Memang sudah ada peta desa tahun 2016 yang kita ajukan tetapi ditolak karena tidak sesuai Permendagri nomor 45 dan sebenarnya dari 15 desa yang kita ajukan itu tinggal 5 desa yang belum diterima peta desanya. Atas dasar itu secara kolektif, 15 desa itu pun tidak bisa diterima walaupun sebagiannya telah rampung,” ujarnya.

Kendati 15 desa itu belum menjadi desa definitif pihaknya tetap menerima jika ada desa yang ingin pemekeran asal semua syarat terpenuhi.

Beda halnya dengan pemekaran dusun, pihaknya tidak mengizinkan (memoratorium) lantaran belum ada Perbup yang mengatur dan juga pertimbangan mengganggu Dana Desa (DD) yang diperuntukan untuk membayar gaji perangkat desa itu, sudah jelas forsi anggaranya.

“Ia tetap kita terima apa bila ada desa yang ingin mekar asal syarat syaratnya lengkap tetapi khusus untuk pemekaran dusun kami tidak membolehkan,” terang Jalal.

Untuk di ketahui melalui Surat Bupati Lombok Tengah Nomor: 188.342/49/HKM, tanggal 9 Oktober 2019, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah, telah mengajukan 15 Rancangan Peraturan Daerah kepada DPRD Loteng untuk dibahas dan memperoleh persetujuan bersama masing-masing tentang Pembentukan Desa Berinding Kecamatan Kopang, Pembentukan Desa Pajangan Kecamatan Kopang, Pembentukan Desa Pengonak Kecamatan Praya Timur, Pembentukan Desa Jeropuri Kecamatan Praya Timur.

Pembentukan Desa Beleke Daye Kecamatan Praya Timur, Pembentukan Desa Belike Lebe Sane Kecamatan Praya Timur, Pembentukan Desa Lingkoq Berenge Kecamatan Janapria, Pembentukan Desa Janggawana Kecamatan Janapria, Pembentukan Desa Prako Kecamatan Janapria.

Pembentukan Desa Tibu Sisok Kecamatan Janapria, Pembentukan Desa Pandan Tinggang Kecamatan Praya Barat Daya, Pembentukan Desa Kerame Jati Kecamatan Pujut, Pembentukan Desa Dadap Kecamatan Pujut, Pembentukan Desa Lendang Tampel Kecamatan Batukliang dan Pembentukan Desa Lelong Kecamatan Praya Tengah. (TN-03).

Related Articles

Back to top button