Dinas Lingkungan Hidup Menduga RSCM Leneng tak Jalankan Izin UKL/UPL, Masyarakat Tutup Paksa

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pasca mencuatnya keluhan masyarakat Leneng Kecamatan Praya, terhadap keberadaan Rumah Sakit Cahaya Medica (RSCM) lantaran keluarkan bau tidak sedap. Membuat Dinas Lingkungan Hidup Loteng angkat bicara dan menduga RSCM tidak menjalankan syarat izin UKL/UPL.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Loteng, H Lalu Amir Ali menyebut, pihak RSCM belum sepenuhnya melaksanakan syarat yang ditetapkan dalan UKL/UPL. Sehingga Diana menyarankan pihak RSCM sempurnakan semua syarat- syarat yang sudah ditentukan, baru kemudian mulai beroperasi. Harapannya, jangan sampai di kemudian menjadi persoalan.

“Kalau izin UKL/UPL nya sih sudah ada. Namun ada beberapa persyaratan belum dipenuhi sehingga menimbulkan komplain dari masyarakat setempat,” ungkap Amir Ali, Minggu 7 Februari 2021.

Akibat pihak RSCM tak menjalankan beberapa syarat dalam izin UKL/UPL. Terlebih memunculkan keresahan di masyarakat. Membuat Dinas akan tinjau lokasi bahkan izin UKL/UPL itu karena menyangkut limbah.

“Besok pagi kami turun kroscek saluran pembuangan limbah yang di keluhkan masyarakat di Lingkungan sekitar. Kalau belum lengkap kita akan minta di lengkapi sampai sempurna, setelah itu kita izinkan beroperasi agar tida ada lagi keluhan masyarakat,” ujarnya.

Disinggung apakah RSCM harus di tutup sementara sembari menyempurnakan persyaratan sesuai yang ditetapkan dalam izin UKL/UPL? Amir Ali akan kroscek terlebih dahulu supaya tidak salah, karena banyak juga masyarakat yang menikmati hasil dari adanya RSCM ini dari segi ekonomi, jadi dalam mengambil keputusan harus ada pertimbangan dampaknya.

Untuk diketahui, Minggu pagi, puluhan masyarakat Kelurahan Leneng menutup paksa operasional RSCM karena dianggap telah mencemari bau tak sedap di lingkungan sekitar karena telah membuang limbah sembarangan.

Penutupan itu bentuk protes dan kekecewaan masyarakat terhadap pihak RSCM. (TN-03)

Related Articles

Back to top button