Banjir di Lombok Rendam 4.751 KK dengan Belasan ribu jiwa

Mataram, Talikanews.com – Banjir yang melanda tiga kabupaten yakni, Lombok Tengah, Lombok Barat dan Lombok Timur pada Sabtu malam 30 Januari 2021, telah merendam 4.751 kepala keluarga dan belasan ribu jiwa, masuk di lokasi Sirkuit MotoGP.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB, Zaenal Abidin tengah berkoordinasi dengan tim BPBD Kabupaten/kota, Aparat TNI-Polri untuk mengatasi dampak banjir tersebut.

Zaenal memaparkan lokasi banjir beserta data sementara jumlah kepala keluarga beserta jumlah jiwa mulai dari Desa Buwun Mas terdapat 158 KK terdampak, Desa Sekotong Barat sebanyak 1.153 KK dengan 4.132 jiwa, kemudian Desa Sekotong Tengah sebanyak 1.820KK dengan 5.578 jiwa dan Desa Taman Baru sebanyak 884 KK dan 3.536 jiwa.

Zaenal menuturkan, banjir itu juga telah merusak 2 unit perumahan kondisi berat dan usak sedang di Desa Sekotong Barat. Terdapat juga delapan fasilitas pendidikan terendam di Desa Taman Baru. Satu unit Fasilitas Kesehatan yakni Puskesmas Buwun Mas ikut terendam dan fasilitas peribadatan, tiga Mushala dan 1 Masjid terendam.

“Dampak Lainnya, talud jebol di 13 titik di Desa Taman Baru,” ungkapnya Minggu 31 Januari 2021.

Beralih ke Sembalun Lombok Timur, terdapat tiga Kepala Keluarga terendam dampak banjir. Ada dua unit perumahan rusak berat dan satu rusak ringan.

Sedangkan untuk wilayah Lombok Tengah, sebanyak 733 KK dengan 2250 Jiwa terdampak banjir tersebut, paling banyak di wilayah Desa Kuta. “Kuta itu masuk KEK Mandalika,” kata dia.

Oleh sebab itu, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem (Fenomena La Nina) berupa angin kencang dan hujan lebat yang berpotensi menyebabkan terjadinya bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung. (TN-red)

Related Articles

Back to top button