Pansus I DPRD NTB Bahas Raperda Pesantren dengan Kanmenag Loteng

Lombok Tengah, Talikanews.com – Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam kunjungannya di Kantor Kementerian Agama Loteng membahas tentang Rancangan Peraturan Daerah tentang Pesantren.

Kedatangan Pansus yang dipimpin TGH Hazmi Hamzar Kepala Kanmenag Loteng H Zamroni Azis, Kasi PD Pontren H.M Azuddin, berlangsung di Aula Kanmenag Loteng, Senin 25 Januari 2021.

Zamroni Azis mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pansus I.

“Ini bagian dari rahmah bisa menerima wakil rakyat, pemerhati Pondok Pesantren di Parlemen. Yang hadir juga hari ini merupakan perwakilan dari ponpes yang ada di Lombok Tengah yang tergabung dalam FKSPP Loteng,” ungkapnya.

Zamroni memaparkan jumlah Lembaga Pendidikan di bawah Kementerian Agama Lombok Tengah, untuk tingkat MA sebanyak 299 Sekolah, MI Negeri 4 Sekolah, Swasta 296 Sekolah, MTs Negeri sebanyak 6 dan Swasta sebanyak 286 sekolah.

Jumlah pondok pesantren sebanyak 275 dengan kategori umum lembaga Pondok Pesantren salafiyah wustha ulha sebanyak 29 lembaga,TPQ 1408 dan Diniyah sebanyak 615 tempat.

“Saya berharap dukungan penuh dari pemerintah untuk memajukan,” papar Zamroni

Pimpinan rombongan, TGH Hazmi Hamzar apresiasi Kepala Kanmenag Loteng yang menerima kedatangannya untuk berdialog dialog tentang Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren (UU Pesantren). Karena Pansus I sedang menggodok Raperda Pesantren.

Juru bicara Pansus 1 DPRD NTB, H Muhaimin salut atas program Kanmenag Loteng terus membina pesantren.

“Alumni pesantren diharapkan mampu bersaing dengan sekolah negeri lainya,” ujar Muhaimin (TN-03)

Related Articles

Back to top button