Bupati Loteng Minta Kades Terpilih Rangkul Masyarakat, Jangan jadi Raja Kecil

Lombok Tengah, Talikanews.com – Bupati Lombok Tengah, H Moh Suhaili FT meminta kades terpilih yang baru saja dilantiknya supaya merangkul masyarakat, jangan menjadi raja kecil di desa binaannya.

Untuk diketahui, sebanyak 16 kepala desa periode 2021-2027 yang dilantik. Kemudian sebanyak satu kepala desa antar waktu periode 2021-2024 yakni desa Durian Janapria. Pelantikan itu dihadiri juga wakil bupati, HL Pathul Bahri.

Bupati Loteng HM Suhaili FT mengucapkan selamat kepada 17 kepala desa yang dilantik dan akan menjadi khadam di wilayah masing-masing. Oleh sebab itu, diharapkan mampu menjadi pemimpin yang amanah, bermanfaat bagi masyarakat karena sejatinya kehidupan ini bukan untuk diri sendiri melainkan untuk orang banyak. Perlu di ingat, jangan manjadi raja kecil di desa.

“Saya berpesan agar segenap pikiran dan tenaga dicurahkan kepada desa yang dipimpin dan memimpin harus tanpa pandang bulu atau pilih kasih walaupun dalam pemilihan kemarin berbeda pilihan jangan menyimpan dendam karena siapa pun yang terpilih menjadi kepala desa maka dia harus mampu membawa desa itu untuk lebih baik lagi,” ungkap Suhaili, Kamis 21 Januari 2021 di Bencingah Adiguna Praya.

Suhaili juga berpesan agar kepala desa yang di lantik merangkul semua pihak temasuk lawan politik supaya apa yang akan diprogram kedepan berjalan lancar. Perbedaan pilihan saat pagelaran pilkades itu merupakan hal yang wajar.

“Setalah di lantik sudah tidak ada lagi lawan politik jadi jangan ada jarak pemisah antara yang mendukung dan tidak mari rangkul mereka agar tidak terjadi gesekan di tengah tengah masyarakat,” ujar Suhaili.

Ia juga mengingatkan Kades jalankan pola gotong royong karena itu harus tetap dijaga dan dilestarikan terlebih beban pembangunan kedepan semakin berat dan komplek, yang lebih penting lagi Loteng saat ini diberikan kawasan prioritas pembangunan nasional. Untuk itu segera dipersiapkan sejak dini agar masyarakat tidak menjadi penonton di daerah sendiri.

“Setelah diangkat menjadi kepala desa jangan sekali kali mencoba menjadi raja-raja kecil tanpa bersinergi dengan stake holder yang ada. Karena terkadang ada pemikiran Kades yang tidak menghargai Camat karena camat tidak dipilih langsung ataupun pemikiran kades sama sederajat dengan Bupati sebab sama dipilih. Oleh sebap itu pemikiran seperti itu harus dibuang dan bersinergilah dengan elemen yang ada di Kabupaten Loteng ini,” tegas

Bupati dua priode itu juga menyampaikan ucapan terimakasih kepasa TNI-Polri, Sat Pol PP dan DPMD Loteng dan semua pihak terkait karena semua tahapan dalam proses pilkades berlangsung aman dan damai.

“Tidak ada ucapan yang pantas saya ucapkan selain ucapan terimaksih kepada semua pihak terkait karena telah ikut mengsukseskan pegelaran pemilihan kepala desa di 16 desa yang ada di Loteng,” tutupnya. (TN-03*)

Related Articles

Back to top button