Pastikan Event Olahraga Triahtlon, Sandiaga Uno Jelajah Laut Tanjung Aan Lombok Hingga 500 Meter, Ini Kata Gubernur NTB

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, rupanya membawa banyak program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Terlebih dipercaya oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo untuk membuka banyak lapangan kerja, sports tourism (pariwisata olahraga) yang bisa menjadi quick win dalam memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Barat.

Hal itu terbukti pada Sabtu pagi, 16 Januari 2021, Sandi Uno melakukan peninjauan ke beberapa spot yang dianggapnya bagus untuk menyelenggarakannya event olahraga Triahtlon di sepanjang Pantai Kuta Lombok sampai Tanjung Aan dengan cara menyelam Laut Tanjung Aan sepanjang 500 Meter.

“Saya sengaja bangun lebih pagi untuk menyiapkan diri berenang di Pantai Tanjung Aan. Berenang dengan jarak sekitar 500 meter, dilanjutkan bersepeda sejauh 7 km, dan di akhiri dengan berlari sejauh 3 km menuju Pantai Kuta Mandalika,” ungkapnya.

Sandi Uno menegaskan, hari ini dirinya buktikan bahwa tempat-tempat ini layak untuk diadakan sports tourism. “Semoga ini akan menjadi langkah kita dalam mematangkan persiapan demi menyambut ajang bergengsi kelas dunia seperti MotoGP 2021,” kata dia.

Disatu sisi, Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah menyampaikan, MotorGP 2021 insya Allah akan mendatangkan banyak pengunjung, ratusan ribu penonton akan datang berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Tentu lanjutnya, tidak mudah menyediakan kamar hotel dalam jumlah sangat banyak dalam waktu singkat, maka membangun homestay di tengah masyarakat adalah solusinya.

“Jadi rumah masyarakat di bangun kembali oleh pemerintah dengan memperhatikan kearifan lokal sehingga rumahnya menjadi lebih layak dan ada 1 kamar yang di sediakan untuk tamu menginap dan di sewakan. Tamu jadi punya akomodasi yang layak, masyarakat pun terlibat dan dapat manfaat ekonominya,” ujar Dr Zul.

Bagi Dr Zul, event seperti motoGP tidak semata menguntungkan pemain-pemain besar seperti hotel-hotel berbintang tapi juga masyarakat juga bisa mendapatkan manfaat.

“Pagi ini bersama Menteri Pariwisata mengunjungi Homestay di Dusun Gerupuk Lombok Tengah,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button