Dandim 1628/SB Buka Pelatihan Dasar Kepimpinan untuk Mewujudkan Generasi Muda Berkarakter

Sumbawa Barat, Talikanews.com – Derasnya kemajuan arus transformasi informasi serta teknologi, telah membawa pengaruh dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat diseluruh belahan dunia, termasuk indonesia sampai ke pelosok negeri, ditambah perkembangan global.

Hal itu menimbulkan dampak negatif, bukan hanya terhadap pemikiran bahkan mengikis nilai kehidupan. Sehingga untuk antisipasi agar tidak mengikis tatanan nilai ditengah kehidupan bermasyarakat. Kodim 1628/SB bersama Man I Kabupaten Sumbawa Barat mengelar latihan dasar kepemimpinan di ikuti 28 peserta didampingi 3 orang guru, serta pelatih, pemateri dari Kodim 1628/SB, yang dibuka resmi Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi, di Makodim 1628/SB, Sabtu 9 Januari 2021.

Dandim 1628/SB seusai membuka pelatihan tersebut menyatakan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama pihak sekolah Man I dan Kodim 1628/SB dalam kepedulian dalam menyiapkan potensi sumber daya manusia khususnya generasi muda yang berkarakter, berwawasan kebangsaan agar lebih siap menghadapi tantangan kedepan yang semankin kompleks.

Selain itu Dandim juga menjelaskan, untuk jumlah peserta yang mengikuti dibatasi guna mencegah munculnya klaster baru Covid -19, mengingat sampai saat ini masih ditengah bencana non Alam Covid -19, dan para peserta pendukung telah di ingatkan agar kegiatan ini dapat memberi contoh aktifitas ditengah covid -19.

“Insyaallah aman dari penyebaran Covid -19 dengan ketat menerapkan sop protokol Covid baik sebelum, saat kegiatan dan setelah kegiatan dapat menjadi agen agen dalam mengelorakan pentingnya penerapan sop protokol kesehatan Covid 19 dalam berakfitas sehingga kita tetap dapat terus beraktiftas namun aman dari penyebaran Covid -19,” ungkapnya.

Dijelaskan Dandim Kegiatan latihan kader kepemimpinan akan berlangsung selama dua hari sabtu dan minggu baik materi teori praktek diantaranya teori dasar kepemimpinan, wawasan kebangsaan, Pioner, Pengenalan PBB, materi cegah tangkal penyebaran narkotika, materi lingkungan hidup dan lainnya.

Ditambah pada malam renungan sebagai bentuk refleksi diri dalam memotivasi generasi muda sebagai pemegang estafet kepemimpinan selanjutnya dalam semua lini kehidupan.

Yang tidak kalah penting setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan di Desa Mura Kecamatan Brang Ene di lokasi rencana Program unggulan kodim 1628/SB, Dinas Pertanian Sumbawa Barat, berkerjasama dengan kelompok Darwis Gelumpang Farm memperkenalkan lokasi Darwis Gelumpang Farm.

Semua itu, agar dapat berkembang kedepan dengan konsep keterpaduan antara pertanian, perkebunan, agrobisnis, peternakan, pembuatan pakan ternak, pupuk organik, serta daerah wisata dengan memanfaatkan lokasi yang ada menjadi lebih berdaya guna dengan manfaat.

Itu juga harapan agar generasi muda kedepan bukan hanya menjadi penonton tapi juga dapat menjadi pelaku dalam dunia usaha membuka peluang usaha bagi orang lain supaya bisa membaca peluang, potensi yang ada disekitarnya.(TN-red)

Related Articles

Back to top button